Relawan BDDB Ajak Masyarakat Berdonor, Ini Targetnya – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Relawan BDDB Ajak Masyarakat Berdonor, Ini Targetnya

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BONE – Relawan Berani Donor Darah Bone (BDDB) menggaungkan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Minggu (14/6/2020), sekaligus sebagai upaya menuju normal barusan.

“Ini menjadi momen kita bersama untuk mewujudkan rasa empati kepada sesama apalagi kita dihadapkan pada kondisi di tengah menghadapi pademi Covid-19,” jelas Dewan Penasehat BDDB, Zainal, diunggahan video singkatnya di media sosial.

Zainal mendorong masyarakat untuk tidak perlu takut mendonorkan darahnya di tengah pandemi, sebab penerapan protokol kesehatan sudah dipastikan dengan baik.

Relawan Berani Donor Darah Bone, merupakan salah satunya komunitas yang bergerak di bidang sosial. Tujuannya, menghubungkan antara orang yang butuh darah dengan orang yang bersedia mendonorkan darah secara sukarela.

Komunitas ini juga berusaha mengedukasi masyarakat untuk bersedia donor darah, mengetahui pentingnya donor darah, dan informasi lainnya melalui media daring (online).

Baca Juga  150 Kantong Darah Terkumpul dalam Aksi Sosial Brimob Bone

Lantas, apa yang membedakan komunitas ini dengan orang-orang yang membantu menyebarkan informasi terkait kebutuhan darah di media sosial?

“Bedanya, kita admin selalu verifikasi setiap ada informasi kebutuhan darah. Bertanya ke keluarga pasien, benar atau tidak butuh darah, jumlah butuh darahnya berapa banyak, dan bisa diantar ke mana. Kalau sudah melewatkan proses verifikasi, baru bisa kita share lewat media sosial,” beber Ketua Umum Relawan Berani Donor Darah Bone, ST Rahma, kepada Boneposcom.

Proses verifikasi berguna agar informasi yang diberikan selalu update. Tidak bisa dipungkiri, terkadang ada kekeliruan informasi kebutuhan darah. Misalkan butuh darahnya sudah terpenuhi tapi informasi masih menyebar hingga beberapa hari. Hal inilah yang coba dihindari oleh Relawan BDDB.

“Sebenarnya semakin banyak orang yang share informasi kebutuhan darah semakin bagus. Tapi kami di relawan BDDB hanya satu pintu informasi di empat grup WhatApp Berani Donor Darah Bone,” tambah ST Rahma.

Baca Juga  Satu-satunya di Indonesia Kampung Donor ada di Makassar, Begini Kata Deng Ical

Perbedaan lainnya adalah komunitas relawan ini turut mencarikan database sukarelawan yang darahnya sesuai dengan kebutuhan. Biasanya pihak komunitas akan menghubungi langsung sukarelawan tersebut.

“Terkadang juga ada saatnya ketika pasien benar-benar membutuhkan pendampingan untuk mencari darah, itu juga kita bantu kalau memang ada volunteer yang bisa terjun ke lapangan untuk membantu. Nanti pasien yang butuh darah itu tinggal menunggu di UTD dan kita arahkan relawan yang sukarela mendonorkan darahnya,” sambungnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bila komunitas Relawan BDDB ini bermitra dengan PMI. Mereka juga mempersilahkan bila ada masyarakat yang ingin bergabung atau sekadar mencari informasi.

“Bisa langsung ke Facebook, Instagram akunnya @berani_donor_darah_bone atau WA ke 082344006605 dan akan diarahkan masuk ke WAG untuk kebutuhan darah pasien,” pungkas ST Rahma. (ril)

Temukan Kami:
  • Bagikan