Rutan Sengkang Bekali Narapidana Bisnis Pepaya, Pembeli dari Bone dan Soppeng

BONEPOS.COM, WAJO - Pandemi Virus Corona (Covid-19) tidak menghalangi pembinaan di Rumah Tahanan (Rutan) Negara kelas IIB Sengkang terhenti.

Terbukti dengan hasil dari perkebunan para Narapidana untuk menunjang ketahanan pangan nasional di pasarkan sampai di kabupaten tetangga yaitu kabupaten Bone dan Soppeng.

Hasil perkebunan berupa pepaya california sampai banjir pesanan yang dipasarkan melalui media sosial.

Hal itu berawal dari ide dari Pembina bimbingan kemandirian, Hardiman yang begitu jeli melihat pangsa pasar sehingga berkonsultasi dengan kasubsi pelayanan dan Kepala Rutan untuk memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitar kantor.

"Kami melihat lahan kosong di belakang dan samping kantor cuma kosong dengan semak belukar, jadi kami coba untuk kelola dengan menanami pepaya california dan aluamdulillah pepaya yg berjumlah 387 pohon semuanya sudah berbuah," ujar Hardiman, Senin (15/6/2020).

Hal tersebut seiring dengan program pemerintah dalam membantu menjaga ketahanan pangan Negara dan Narapidana di Rutan kelas IIB Sengkang melalui program pembinaan kemandirian bagian pertanian dan perkebunan menjawab tantangan tersebut dalam menyokong ketahanan pangan Nasionalisme.

Pembinaan tersebut juga merupakan langkah yang diambil oleh Rutan kelas IIB sengkang dalam mengembangkan dan penyaluran bakat, keterampilan serta minat Narapidana sehingga pada saat bebas, Narapidana tersebut sudah memiliki keterampilan sehingga tidak menjadi lagi penyakit dalam masyarakat. (her/ril)