Kasihan, Penumpang Merasa Ditelantarkan di Pelabuhan Bajoe

BONEPOS.COM, BONE - Sejumlah penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Kolaka, diduga diterlantarkan di Pelabuhan Bajoe. Kasihan.

Bukan tanpa alasan, berdasarkan jadwal keberangkatan Kapal Bajoe-Kolaka tercatat bahwa Senin (23/6/2020) pemberangkatan kapal terjadwal pada pukul 11.00 Wita, namun kenyataannya hingga pukul 18.00 wita juga belum berangkat.

Sejumlah penumpang tampak kesal, karena informasinya berangkat pukul 11 namun sejumlah penumpang sudah berada di pelabuhan Bajoe sekitar pukul 10.00 Wita setelah membeli tiket semua penumpang diarahkan masuk ke area Pemberangkatan lalu gerbang di kunci.

"Saya datang jam 10 pagi tadi, kemudian saya cari petugas tiket untuk membeli tiket, setelah itu saya disuruh masuk pelabuhan karena katanya kapal sudah berangkat dari kolaka menuju Bajoe," kata Nurul saat ditemui Boneposcom, di Pelabuhan Bajoe.

Paling disesalkan lagi, setelah dia bersama penumpang lainnya berada di area pemberangkatan, kapal belum juga tiba dari Kolaka, sekitar pukul 13.00 Wita belum ada tanda-tanda datangnya kapal.

Tak ayal, Nurul pun berjalan keluar untuk menunaikan Salat lima waktu, namun setiba di gerbang pintunya malah terkunci dan tidak ada petugas seorang pun.

"Jam 1 tadi saya keluar mau salat, karena di area sini tidak ada fasilitas, tapi saat tiba di palang semua gerbang dikunci dan tidak ada orang yang jaga biar 1, kemudian ada pedagang yang juga hendak keluar, dia terpaksa manjat lewat gerbang, saat itu saya minta tolong ke pedagang untuk dipanggilkan petugasnya, pedagang itupun memanggil-manggil petugas dan tak satupun yang datang. Kami merasa diterlantarkan disini tanpa ada fasilitas," kesalnya.

Hal senada juga diungkapkan penumpang lainnya bernama Herul yang berasal dari Kabupaten Sinjai. Saat diwawancarai, Herul mengatakan, dirinya sudah membeli tiket sejak kemarin dan gagal berangkat pada kapal pertama.

"Kemarin saya beli tiket, tadi kapal pertama saya mau masuk tapi dilarang karena sudah tertutup jadi terpaksa menunggu kapal kedua," ujar Herul.

Koordinator Satuan Pelaksana Pelabuhan Bajoe Muhammad Danial yang ditemui di ruangannya berujar, sebenarnya tidak diterlantarkan tapi memang jadwal Kapal berangkat dari Kolaka itu pukul 11.00 wita estimasi sampai di Pelabuhan Bajoe sekitar pukul 15:00.

"Sebenarnya kendaraan yang diimbau masuk lebih dulu di area pemberangkatan, namun mungkin banyak penumpang yang tidak mengerti sehingga ikut dengan kendaraan karena takut ketinggalan kapal, karena memang saat ini kapal hanya 3 yang beroperasi dan untuk hari ini hanya 2 dan itu pulang pergi, jadi penumpang dibatasi," ujar Danial. (her/ril)