Tips Jitu Mengatasi ‘Ruang Penyimpanan Penuh’ di Android

BONEPOS.COM - Para pengguna android biasanya pernah mengalami kekesalan ini, yap notifikasi 'Ruang Penyimpanan Penuh' pada layar Handphone. Padahal rasanya aplikasi, foto atau data lainnya tidak sampai memenuhi kapasitas penyimpanan internal yang ada.

Lalu anda mencoba menghapus foto dan aplikasi yang ada, selang beberapa hari masih saja tulisan itu muncul. Sebetulnya apa yang terjadi? Mengapa smartphone cepat penuh memorinya, padahal tidak terlalu banyak aplikasi yang di install. Tentu Anda penasaran mengapa ini terjadi.

Ada beberapa tips agar memori internal smartphone Anda tidak cepat penuh. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Pindahkan penyimpanan ke eksternal

Buka pengaturan (setting), lalu pilih Apl (Apps). Di sana akan terlihat semua aplikasi yang diunduh di smartphone Anda. Klik salah satu aplikasi. Maka akan terlihat data dari aplikasi tersebut. Kemudian klik tulisan move to SD card atau pindahkan ke kartu SD. Dan apikasi Anda sudah berpindah. Lakukan pada beberapa aplikasi yang lainnya.

2. Mengosongkan Cache
Cache merupakan tempat sampah untuk menyimpan berbagai memori yang telah dilakukan oleh smartphone Anda. Jadi, kalau sampahnya banyak tentu saja mengganggu berjalannya aplikasi di smartphone.

Caranya adalah buka 'Setting' lalu pilih 'Penyimpanan'. Pilih lah 'Data Dalam Cache'. Klik itu dan sampah yang ada otomatis terhapus. Atau bisa juga mengunduh aplikasi pembersih cache seperti master cleanercc cleaner, dll.

3. Uninstall aplikasi bawaan pabrik
Biasanya smartphone dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan pabrik. Anda mungkin tidak memerlukan beberapa aplikasi tersebut. Sebaiknya dihapus saja, agar menambah memori smartphone Anda. Gunakan aplikasi yang memang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari.\

4. Gunakan memori eksternal
Video dan foto merupakan hal yang paling banyak memakan memori. Untuk itu, selalu gunakan memori eksternal untuk menyimpan hasil jepretan Anda. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan memori internal. Juga sebaiknya melakukan transfer data smartphone pada komputer/laptop setiap sebulan sekali. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Hapus folder Thumbnail
Lakukan pengecekan rutin pada folder DCIM atau folder penyimpanan foto. Di sana ada sebuah folder yang dimaksudkan untuk membuat salinan dari foto dan video yang pernah Anda buka. Folder ini tidak berguna sama sekali. Anda bisa menghapusnya secara berkala.

Demikian tips agar memori internal smartphone Anda tidak cepat penuh. Sehingga dapat mengunduh berbagai aplikasi lainnya yang dibutuhkan. Selamat mencoba. Semoga berhasil ya!