Latihan Posko I Ditutup, Begini Catatan Khusus Danrem di Selayar 

BONEPOS.COM, SELAYAR - Penutupan kaji ulang Latihan Posko I Kodim 1415/Selayar, "Perisai Waspada-XX" ditutup Sabtu (27/6/2020).

Hadir langsung menutup, Danrem 141/Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil (Danlat), yang dipusatkan di Gedung Juang "45" Sikamaseang Nassamaturu, jln Jenderal A. Yani, Kelurahan Benteng, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu (27/6/2020).

Sebelum penutupan kaji ulang didahului dengan evaluasi oleh Ketua Pengawas dan pengendali.

Dandim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin menuturkan, tahap perencanaan dan persiapan posko sudah baik. Sehingga semua kegiatan persiapan perencanaan menurutnya, juga sangat baik.

"Utamanya persiapan-persiapan posko yang cukup memadai," akunya.

Selanjutnya pelaku tentang keseriusannya dalam melaksanakan latihan posko sudah sangat baik ditandai dengan intensifnya. Namun, masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. seperti pembuatan produk-produk dan ril yang masih ada kekurangan yang perlu di tingkatkan lagi.

Adapun evaluasi "KATIMLAI" oleh Dandim 1406/Wajo. Letkol Inf Utsman Abdul Ghofir menuturkan, semangat dan keinginan para pelaku untuk memahami materi cukup bagus, kecepatan, ketepatan dalam menyelesaikan produk, baik produk-produk yang sudah terkirim. Walaupun mekanisme pengiriman masih terlambat, sehingga inilah yang perlu di perbaiki kedepannya..

Dalam sambutan Danrem 141/Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil mengatakan, selama 3 hari para peserta telah mengikuti latihan posko 1 dengan penuh semangat serta disiplin yang tinggi sehingga seluruh rangkaian kegiatan latihan dapat diselesaikan mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap dinamika operasi.

Gelaran ini, kata Danrem, dapat terlaksana dengan baik tentu berkat usaha dan kerja keras dari penyelenggara dan pendukung.

Dengan berakhirnya latihan posko ini berarti komandan dan staf Kodam 1415/Selayar telah memiliki tambahan bekal walaupun belum dapat dikatakan sempurna namun berbagai materi yang telah dilatih kan diharapkan dapat membantu pelaksanaan tugas petugas mendatang. Saya berharap semua materi yang telah diperoleh melalui pelaksanaan latihan ini dapat diaplikasikan secara baik khususnya pada saat memberikan operasi bantuan untuk penanganan konflik komunal yang diakibatkan oleh dinamika sosial yang terjadi di wilayah.

Selanjutnya Kodim 1415/Selayar sebagai salah satu satuan komando kewilayahan di jajaran Korem 141/Toddopuli dengan wilayah tanggung jawabnya yang sangat dinamis, menuntut segenap satuan di jajarannya memiliki kesiapan operasional, serta memiliki kemampuan lainnya yang dapat mendukung pelaksanaan tugas, khususnya kemampuan dalam menerapkan prosedur hubungan komandan dan staf, kemampuan melaksanakan koordinasi dengan aparat pemerintah dengan daerah atau instansi terkait serta kemampuan melaksanakan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat, terutama saat menghadapi suatu konflik komunal yang terjadi. (ril)