Bapas Watampone Diteliti via Daring, Ini Tujuannya

BONEPOS.COM, BONE - Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas II Watampone helat sidang tim pengamat pemasyarakatan (TPP), Selasa (30/6/2020).

Sidang TPP di lingkungan Balai Pemasyarakatan kelas II Watampone itu dilaksanakan dalam rangka melakukan penilaian atas hasil penelitian kemasyarakatan yang dilakukan pejabat fungsional tertentu untuk klien pemasyarakatan.

Di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan protokol pembatasan sosial, Bapas kelas II Watampone melaksanakan sidang via daring dengan seluruh pejabat fungsional.

Sidang berjalan via Zoom tersebut dipandu Fachrurrozy Akmal selaku Sekretaris TPP Bapas kelas II Watampone.

Kepada Bonepos.com, Fachrurrozy selaku Sekretaris sidang menjelaskan, perihal sidang TPP Online yang dilaksanakan Bapas kelas II Watampone itu.

"Sesuai arahan Menkumham dan Kabapas kami, di tengah pandemi kami harus melaksanakan protokol sesuai standar kesehatan. Jadi sidang tetap berjalan, yang berubah cuma metodenya saja," ucap Oci sapaan akrabnya.

Sebelumnya diketahui, Bapas Kelas II Watampone melaksanakan fungsi penelitian kemasyarakatan bagi klien atau narapidana dan anak yang berada di wilayah Soppeng, Sinjai, Wajo, Sidrap dan Watampone.

Hasil penelitian dari pembimbing kemasyarakatan itu kemudian disidangkan demi mendapatkan saran dari seluruh pejabat fungsional.

Terpisah, Kabapas Watampone Andy Gunawan turut mengapresiasi kinerja dari tim pengamat pemasyarakatan itu

Dalam keterangannya, Kabapas menuturkan, inovasi yang dilakukan pegawainya selama masa pandemi ini demi mempermudah pekerjaan dan mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi selama pandemi, pegawai dengan latar milenial terus berinovasi, salah satunya meluncurkan aplikasi Digital Probation yang bisa diunduh oleh pegawai untuk memudahkan registrasi dan pendaftaran sidang. Jadi kalau dulu daftarnya harus di kantor melalui buku kontrol, sekarang sudah lewat aplikasi. Setelah registrasi, sidang dilaksanakan via Zoom yang dipandu tim pengamat pemasyarakatan," jelas Kabapas dalam rilisnya, Selasa (30/6/2020). (sug/ril)