Pemkab Bone Pekerjakan Pekerja Migran Indonesia di Pabrik Gula Bone dan Camming 

BONEPOS.COM, BONE - Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bone kembali akan melakukan penjemputan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari negara Malaysia.

Penjemputan kali ini diketahui adalah untuk tahap keempat, PMI yang akan dijemput pada Jumat 3 Juli 2020 berjumlah sebanyak 71 orang dan semuanya warga Bone.

Kepala Kesbangpol Bone Andi Sumardi Sulaiman yang dikonfirmasi mengatakan, warga Bone yang dipulangkan ini memiliki kasus berbeda-beda.

Dari 71 WNI tersebut, 23 orang overstay, 2 orang paspornya hilang tapi masih berlaku dan 4 orang lahir di Malaysia, tetapi tak memiliki dokumen izin tinggal.

"Kemudian ada juga yang terjerat kasus narkoba sebanyak 15 orang, selain itu ada 26 orang masuk wilayah Malaysia secara ilegal dan 1 orang kasus kriminal," ujar Andi Sumardi.

Lanjut kata Sumardi, pihaknya akan meminta perangkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan untuk mengawasi para WNI yang dipulangkan dari Malaysia nantinya.

"Kita berharap mereka diawasi secara ketat, karena kami mendapat informasi bahwa satu WNI asal Bone yang dipulangkan sebelumnya, meninggalkan Bone dan kembali ditangkap di Kalimantan," ungkapnya.

Selain itu, dia juga meminta pihak desa/kelurahan dan kecamatan mendata WNI yang telah pulang dari Malaysia. Nantinya, kata dia, mereka akan diberdayakan oleh dinas terkait.

"Kita coba carikan mereka pekerjaan melalui Dinas Ketenagakerjaan. Mereka bisa dipekerjakan di pabrik gula di Camming dan Arasoe ataupun di tempat lainnya," tutur Andi Sumardi.

Sekadar diketahui, pemulangan WNI asal Bone sudah gelombang keempat.

Pada gelombang pertama sebanyak 21 orang dipulangkan. Gelombang kedua 45 orang dan gelombang ketiga 100 orang. (her/ril)