Lapas Watampone Terima Tahanan Pengadilan, Tahanan Polisi Belum

BONEPOS.COM, BONE - Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Watampone kini sudah mulai kembali menerima tahanan. Pasca sebelumnya tidak menerima tahanan karena pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Humas Lapas Watampone Ashar saat dikonfirmasi Bonepos.Com melalui sambungan telepon, Jumat (3/7/2020).

Ashar mengatakan, berdasarkan surat edaran Dirjen Pemasyarakatan tentang penerimaan tahanan, Lapas Watampone kini sudah menindaklanjuti edaran tersebut dengan melakukan penerimaan tahanan yang telah berkekuatan hukum tetap dan berstatus tahanan A3 (tahanan pengadilan) namun tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Untuk di Lapas Bone kita sudah menerima tahanan, tapi yang sudah masuk A3 (tahanan pengadilan) untuk yang tahanan A1 (Tahanan Kepolisian) itu belum," kata Ashar.

Lanjut kata Ashar,, penerimaan tahanan tersebut tetap mengutamakan protokol kesehatan, dengan cara setiap tahanan yang dikirim ke Lapas itu harus dipisahkan dengan tahanan lain selama 14 hari.

"Setiap tahanan yang masuk kita isolasi mandiri dulu selama 14 hari, ketika masa isolasi sudah berakhir kami baru menerima kembali,kita memang batasi karena ruang isolasi kami untuk sementara hanya 2 ruangan yang hanya menampung 20 sampai 30 orang," tambahnya.

Selain itu, sebelum tahanan diserahkan ke Lapas pihak Kejaksaan telah melakukan rapid test terhadap tahanan yang akan diserahkan ke Lapas.

"Alhamdulillah untuk saat ini kami telah menerima tahanan sudah 2 kali secara bertahap di masa pandemi ini, dan jumlahnya sudah hampir 30 orang, kita tidak bisa menerima misalnya hari ini ada yang diserahkan kemudian besok ada lagi, karena kami mengisolasi mereka dulu selama 14 hari dan jika itu sudah berakhir kami baru bisa menerima tahanan lagi," pungkasnya. (her/ril)