Anak Petani Asal Pinrang Bangun Kerajaan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 

BONEPOS.COM, PINRANG - Namanya Irfan Musa. Pemuda yang lahir di sebuah desa pelosok Kabupaten Pinrang dari pasangan Musa dan Jahina yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani ini, tak menyurutkan semangat untuk menekuni bisnis sejak kecil.

Maka tidak heran, menjadi bukti bila sukses itu tidak harus lahir dari orangtua yang kaya raya. Irfan Musa membuktikan hal itu.

Patut diacungi jempol, tak hanya sukses di bidang usaha, Irfan juga sukses menyelesaikan pendidikan sarjana dengan biaya sendiri dan sekarang sementara melanjutkan pendidikannya di pasca sarjana Universitas Hasanuddin.

Pemuda kelahiran 1991 ini sukses mengembangkan usaha di bidang hasil bumi.

Bisnis yang ia jajaki sangat membantu para petani di tanah kelahirannya. Konsep sosialpreneur tak hanya mengantarkan Irfan menjadi pemuda yang sukses di bidang usaha. Ia juga bisa membiayai sekolahnya hingga ke jenjang magister.

Irfan yang juga adalah mahasiswa pasca sarjana Universitas Hasanuddin, tidak menyia-nyiakan peluang dengan fokus menyejahterakan petani di kampungnya.

Hasil bumi yang melimpah, dari buah-buahan, sayuran, hingga rempah menjadi ladang rupiah bagi Ketua Pengusaha Muda Lasinrang ini.

Pasar Mini Lasinrang adalah bukti keseriusan pemuda kelahiran Sali-sali Kabupaten Pinrang untuk memberdayakan para petani agar bisa hidup sejahtera.

Usaha besutan Irfan cukup mengagumkan. Apalagi kondisi Pandemi Covid-19 yang menjadi momok bagi penduduk dunia. Konsep usahanya sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dapur mereka.

Layanan antar hingga ke rumah pelanggan menjadi hal yang menarik dari Pasar Mini Lasinrang.

Para pelanggan tidak harus ke pasar untuk membeli keperluan dapur, cukup memesan melalui aplikasi media sosial Pasar Mini Lasinrang.

"Kami sementara mengembangkan usaha Pasar Mini Lasinrang bisa berbasis aplikasi. Sehingga masyarakat cukup mendownload aplikasinya, dan pemesanan keperluan dapur cukup memesan via aplikasi Pasar Mini Lasinrang," ucap Irfan, kepada Boneposcom, Rabu (8/7/2020).

Tak tanggung-tanggung, setiap harinya Irfan meraup omzet jutaan rupiah setiap harinya pada satu outlet Pasar Mini Lasinrang.

Irfan bertekad mendirikan 10 outlet Pasar Mini di tahun ini, dengan harapan bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat Pinrang.

"Terget kami tahun ini bisa membuka 10 outlet yang tersebar di Kabupaten Pinrang, selain bisa meningkatkan omzet penjualan, kami juga bertekad membantu pemerintah Pinrang dalam hal penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat. Selain itu kami berharap para petani Pinrang bisa sejahtera atas dampak usaha yang kami hadirkan," ujar Wakil Sekretaris HIPMI Pinrang ini. (ril)