Kapolres Pelabuhan Ngopi Bareng Mantan Positif Covid-19

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Suasana penuh kehangatan tersaji pada Coffee Morning Kapolres Pelabuhan Makassar terkait penanganan Covid-19, Selasa (7/7/2020).

Gelaran ini, dihadiri langsung tokoh penting, seperti Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, Anggota DPRD Kota Makassar M. Yunus, Dokter RS Akademis Jaury Makassar dr Febry, Dewan Pembina Gerak Bersama Indonesia Andi Yuslim Patawari, para PJU/Kabag dan para kasat.

Bahkan, dalam gelaran penuh kekeluargaan ini, hadir khusus Duta Pasien Covid-19 yang sudah sembuh sebanyak tujuh orang.

Ketujuh tamu yang hadir tersebut, yakni Jamiluddin (46), Heri Irawan (42), Hendra (39), Irwan (42), Ngatman (43), Mardiana Bado (52), dan Andi Syamsul (41).

Di temani secangkir kopi hangat, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim yang karib disapa Iccang ini mengedukasi masyarakat untuk tidak mengucilkan pasien positif atau dalam penanganan virus Corona (Covid-19).

Diakuinya, Covid-19 benar-benar ada dan berdampak negatif bagi kesehatan masyarakat. Bukan konspirasi dan juga bukan mencari keuntungan.

"Covid-19 ini bukan aib. Kasihan kalau saudara kita yang tertimpa musibah, terkena Covid-19, lantas kita kucilkan. Tentu saudara kita, tidak menginginkan terinveksi virus Corona. Oleh karena itu, mari kita bantu mereka untuk sembuh dari penyakitnya. Jangan tinggalkan mereka apalagi kucilkan mereka," ucap Kadarislam.

Mantan Kapolres Bone ini mengingatkan, agar senantiasa menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Seperti kalau keluar rumah wajib mengenakan masker. Di tempat manapun, jaga jarak ta', dan selalu mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir," paparnya.

Maka dari itu, Kadarislam mengajak seluruh elemen dari berbagai pihak untuk taat dan lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Bukan untuk pribadi semata, tetapi juga kepentingan masyarakat banyak.

"Vaksin sampai saat ini belum ada. Vaksin yang paling ampuh saat ini yakni mengikuti protokol kesehatan," tutur Kapolres murah senyum ini.

Tidak sampai disitu, Kadarislam juga berpesan agar masyarakat dan publik tidak mudah percaya dengan informasi hoaks yang beredar.

Pada gelaran ini pula, para tamu Duta Pasien Covid-19 yang sudah sembuh, turut berbagi cerita dan pengalaman selama penanganan Covid-19.

Mereka tak menampik, kerap mendapatkan hal-hal yang tidak mengenakkan perasaan. Termasuk dikucilkan dalam lingkungan.

Ditemui seusai gelaran, Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif. (ril)