Rapid Test di Makassar Gratis, di Bone Berbayar

BONEPOS.COM, BONE - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memberlakukan surat bebas Covid-19 bagi masyarakat yang ingin keluar dan masuk kota Makassar.

Makanya, untuk membantu masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota/kabupaaten, Pemprov Sulsel menghadirkan program rapid test secara gratis di Kota Makassar. Lantas, bagaimana dengan Kabupaten Bone?

Ketua Gugus PPC-19 Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi yang dikonfirmasi mengatakan, sampai saat ini masih menunggu instruksi dari Gubernur Sulsel terkait penggratisan surat keterangan bebas Covid-19 bagi warga Bone.

"Sampai saat ini kita belum bisa putuskan, kita masih menunggu instruksi secara resmi. Bisa jadi dari Pemprov Sulsel yang ingin menyediakan rapid tesnya," ujar Andi Fahsar yang dikonfirmasi, Selasa (7/7/2020).

Selain itu, Andi Fahsar mengatakan, sewaktu rapat dengan Gubernur bersama Kepala daerah lainnya, Fahsar mengusulkan agar surat tersebut hanya dikeluarkan oleh fasilitas kesehatan saja seperti Rumah Sakit dan Puskesmas.

Sementara itu, Juru Bicara PPC-19 drg Yusuf Tolo menambahkan, di Bone saat ini Surat bebas Covid-19 untuk sementara masih mandiri.

"Biaya rapid test masih mandiri. Pemerintah belum menyediakan layanan gratis rapid test di Puskesmas dan rumah sakit, yang ada hanya rapid tes yang dipersiapkan untuk melacak kontak pasien positif," ujar Yusuf. (her/ril)