Waduh, Bea Cukai Sulsel Sita Rokok Rp2,9 Miliar di Bone

BONEPOS.COM, BONE - Pihak Bea Cukai Sulawesi Selatan menemukan 1 kontainer rokok ilegal yang tidak memiliki cukai di Desa Passippo, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Hal ini terungkap setelah pihak Bea Cukai Sulsel melakukan operasi pengawasan cukai di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Dari hasil operasi tersebut, pihak Bea Cukai Sulsel dan Makassar berhasil menemukan rokok ilegal yang nilainya sangat besar dan juga berhasil mengamankan seorang tersangka berinisial SR yang diketahui warga asal Kabupaten Wajo.

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagsel, Disco Valuasy Harefa saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Dia mengatakan, pengungkapan tersebut berawal dari atensi bersama Tim Intelijen Kanwil DJBC Sulsel dan Tim KPPBC TMP B Makassar atas manifes sarana pengangkut sebuah kontainer yang dicurigai berisi rokok ilegal.

"Kami berhasil menemukan tersangka sementara melakukan pembongkaran barang tersebut di Kabupaten Bone. Dan kami berhasil menemukan 181 karton rokok yang berisi 2.896.000 batang," katanya, kepada Boneposcom, Kamis (9/7/2020).

Lanjut kata Disco Valuasy Harefa, saat ini barang bukti bersama tersangka langsung diamankan dan dibawa ke Polres Pelabuhan Makassar untuk diproses hukum lebih lanjut.

"Tersangka telah melanggar UU No.39 tahun 20017 Tentang Cukai, dan terancam hukuman berupa pidana penjara 1-5 tahun," tegasnya. (her/ril)