Mau Suket Bebas Covid-19 di Bone, Siapkan Rp150 Ribu

BONEPOS.COM, BONE - Pemerintah Kabupaten Bone resmi mengeluarkan Surat Edaran pemberian keterangan bebas Covid-19 untuk Kabupaten Bone.

Dalam surat edaran yang ditandatangani langsung Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi berisi 8 poin penting terkait Percepatan Penanganan Covid-19.

Di poin pertama, dijelaskan surat keterangan bebas Covid-19 dapat berupa keterangan berbasis swab tes, rapid test, dan atau keterangan bebas gejala seperti influenza atau ILI (Influensa Like Liiness) dan surat keterangan ini berlaku selama 14 hari sejak ditertibkan.

Surat keterangan bebas Covid-19 tersebut hanya dikeluarkan Fasilitas Kesehatan seperti RSUD Tenriawaru, RSUD Pancaitana dan 25 Puskesmas di Bone.

Tidak hanya itu Surat Keterangan bebas Covid-19 ini tidak dipungut biaya seperti pelajar atau mahasiswa yang akan mengikuti pendidikan di luar Kabupaten Bone, ASN, TNI, Polri yang mendapat tugas dinas luar, dan terakhir sopir angkutan umum antar Kabupaten dan Provinsi.

Lalu bagaimana dengan masyarakat umum lainnya? dalam surat edaran bupati tersebut dijelaskan bahwa selain dari pada Pelajar/Mahasiswa, ASN,TNI/Polri dan Sopir angkutan umum itu dibebankan biaya sebesar Rp150.000 untuk pemeriksaan rapid test. Kecuali untuk surat keterangan bebas flu itu digratiskan bagi semua masyarakat yang berdomisili Kabupaten Bone.

Syarat untuk mendapatkan suket bebas Covid-19 itu hanya KTP domisili Bone, Kartu pelajar/mahasiswa atau keterangan sementara akan mengikuti pendidikan, Sementara untuk ASN, TNI/Polri itu harus memiliki surat tugas, dan untuk sopir angkutan umum hanya memperlihatkan surat keterangan dari Desa/Kelurahan.

Tidak hanya itu, untuk pemeiksaan Swab dan rapid test dengan indikasi medis tidak dikenakan biaya sepeserpun.

Surat edaran Bupati ini mulai berlaku sejak ditetapkan dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan Covid-19 19 di Kabupaten Bone. (her/ril)