Demi Masyarakat, Brimob Bone Tak Gentar Luapan Danau Tempe

BONEPOS.COM, BONE - Tingginya curah hujan sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan debit air danau Tempe meluap.

Luapan dari danau yang berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ini menimbulkan rumah-rumah warga di sekitar danau diterjang banjir.

Mendapat informasi ini, Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan langsung mengirim satu Regu Tim SAR untuk mengevakuasi warga yang terkena dampak dari luapan air Danau Tempe.

Dipimpin Ipda Maliwasa, SAR Yon C Pelopor terlebih dahulu menyiapkan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan untuk proses evakuasi ini.

Setelah seluruh perlengkapan dan personel termasuk kendaraan dinas siap, selanjutnya Komandan Tim SAR Batalayon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel memberikan arahan atau SOP yang harus dilakukan selama melakukan misi kemanusiaan ini.

Tak lupa pula, Dantim mengingatkan kepada personel agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kompol Nur Ichsan mengatakan, menghadapi cuaca ekstrem beberapa hari ini, Regu SAR Batalyon C Pelopor memang telah disiagakan 24 jam setiap saat.

"Jadi ketika menerima informasi kejadian bencana di wilayah Back Up Batalyon C Pelopor, kami akan segera terjunkan. Tim SAR ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi warga sebagai wujud nyata Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," ujar Kompol Nur Ichsan ke wartawan di tengah-tengah persiapan.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis menjelaskan, salah satu kemampuan yang dimiliki Brimob adalah kemampuan SAR.

"Jadi ketika kami mendapatkan informasi tentang adanya bencana, kami akan segera menindaklanjuti informasi ini kemudian dengan segera kami menerjunkan Tim SAR ke lokasi untuk memberikan pertolongan kepada warga. Hal ini kami lakukan atas dasar kemanusian dan sebagai wujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” tandas Dansat Brimob Polda Sulsel. (ril)