Peran Bhabinkamtibmas, Dua Pihak di Bone Gagal Bertikai

BONEPOS.COM, BONE - Bhabinkamtibmas Polsek Ponre Polres Bone Bripka Syamsuddin bersama Kepala Desa (Kades) Tellu Boccoe Rusli, gelar problem solving atau penyelesaian masalah batas tanah.

Sengketa batas tanah tersebut melibatkan pihak SDN 190 Tellu Boccoe dengan warga di Dusun Sappeulo Desa Tellu Boccoe Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone.

Dalam menyelesaikan permasalahan batas tanah tersebut, Bhabinkamtibmas bersama Kades Tellu Boccoe dan perangkatnya bersama pihak SDN 190 Tellu Boccoe Johasan selaku Kepala SDN 190, dan dua orang warga Dusun Sappeulo yakni Hammadong dan Baba, langsung turun ke objek untuk meninjau batas tanah sengketa tersebut.

Setelah memperhatikan sketsa gambar yang ada pada sertifikat tanah, serta berdasarkan keterangan dari beberapa pihak yang mengetahui tentang seluk beluk batas tanah tersebut, akhirnya kedua belah pihak saling menerima dan menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan.

Masing-masing pihak secara bersamaan memasang patok baru sebagai tanda batas tanah.

“Agar masing-masing pihak tetap menjalin hubungan silaturahmi dengan baik, dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban dan apabila ada hal-hal yang membutuhkan kehadiran polisi segera menghubungi kami," jelas Bripka Syamsuddin.

Di tempat terpisah, Kapolsek Ponre Iptu Samanhudi, saat dikonfirmasi menuturkan, dia sangat merespons positif atas kinerja dari Bripka Syamsuddin selaku Bhabinkamtibmas Desa Tellu Boccoe.

"Sebagai seorang Bhabinkamtibmas dituntut untuk aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di desa binaan masing-masing," akunya.

Kapolsek Iptu Samanhudi menuturkan, Bhabinkamtibmas juga diharapkan mampu menjalin kerjasama dengan perangkat desa dan tokoh-tokoh yang ada di wilayah hukumnya, dan dapat mendukung terciptanya situasi Kamtibmas aman dan kondusif di wilayah masing-masing. (ril)