Sejarah KONI Sulsel Lantik Pengurus KONI Sidrap Via Daring, Ini Tantangan Pengurus Baru

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pandemi Virus Corona (Covid-19), tak menjadi penghalang aktivitas pengurus KONI Sulawesi Selatan.

Rabu (15/7/2020) siang, KONI Sulsel secara resmi melantik pengurus KONI Kabupaten Sidrap secara virtual.

Pengurus KONI Kabupaten Sidrap yang dikukuhkan untuk masa bakti tahun 2020 hingga 2024.

Proses pelantikan berlangsung dengan fasilitas zoom meeting, di ruang rapat kantor KONI Sulsel dijalan Sultan Hasanuddin No. 40 Kota Makassar, yang terhubung secara online di Ballroom Al-Gony Hotel Grand Zidny Kabupaten Sidrap.

Pelantikan dipimpin langsung Wakil Ketua Koni Sulsel HM Ambas Syam didampingi Sekum KONI Sulsel Addien dan sejumlah pengurus KONI Sulsel lainnya.

Dalam layar virtual di Kabupaten Sidrap, terlihat hadir langsung Bupati Kabupaten Sidrap Dollah Mando yang didampingi unsur Forkopimda setempat.

Prosesi pelantikan ini sendiri tidak jauh beda dengan pelantikan yang berlangsung secara tatap muka.

Penyerahan bendera pataka, pemasangan pin serta penanda tanganan berita acara tetap dilakukan dan disaksikan melalui layar virtual.

Wakil Ketua KONI Sulsel Ambas Syam menyampaikan, untuk pertama kalinya KONI Sulsel melaksanakan proses pelantikan pengurus KONI daerah tidak dilaksanakan dengan cara tatap muka dan kehadiran fisik oleh pengurus KONI Sulsel.

Selain untuk menghormati imbauan Pemerintah agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kiranya wabah bukan hambatan, dan KONI Sulsel tetap berkomitmen meningkatkan semangat dalam melaksanakan pembinaan olahraga daerah ini," ujar Ambas Syam.

Ambas Syam mengingatkan, yang terpenting perlunya sinergitas harmonis antara pengurus KONI Sidrap dengan Bupati Sidrap selaku pemangku kepentingan di daerah agar roda organisasi dan pembinaan olahraga bisa berjalan maksimal sesuai amanat UU no 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional.

"Tanpa sinergi, untuk menciptakan atlet berprestasi tak mungkin terwujud, karena membangun prestasi butuh perjuangan yang harus disokong oleh pemangku kebijakan," ucapnya.

Ketua Umum KONI Kabupaten Sidrap, Muh. Hasbi mengucapkan rasa syukurnya setelah dilantik bersama pengurus KONI lainnya walau secara virtual.

Hasbi berharap, dukungan seluruh stake holder di daerahnya dalam mengembangkan prestasi olahraga di Bumi Nene Mallomo ini.

Sementara itu Bupati Kabupaten Sidrap Dolla Mando berpesan kepada pengurus KONI Sidrap untuk segera mengambil langkah-langkah strategis dan menyusun rencana program kerja yang berorientasi pada pembinaan dan peningkatan prestasi.

"Saya berharap, dalam meningkatkan prestasi, pencarian bibit-bibit unggul di semua abang olahraga harus prioritas warga asli Sidrap, dilaksanakan pembinaan secara berjenjang untuk persiapan pra Porda dan Porda ke depan," sebut Dolla Mando. (ril)