Wamenparekraf Angela Temui Mendagri Jelang 17 Agustus, Ada Apa Ya?

BONEPOS.COM, JAKARTA - Dalam rangka mempersiapkan perlombaan peringatan HUT RI 17 Agustus, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Pertemuan yang beragenda permintaan pendukungan Sosialisasi dan pelaksanaan Perayaan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di Daerah itu digelar di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (15/7/2020).

Dalam keterangannya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) yang juga Plt. Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Bahtiar menyampaikan, Kemendagri sebagai kementerian yang memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, siap mendukung pelaksanaan perlombaan tersebut.

“Lomba Peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020, Kemendagri mendukung memberi masukan penting, sehingga ada penjelasan utuh pada jajaran Pemda, bagaimana konsep perayaan 17 Agustus tahun ini. Bentuk perayaan mana yang boleh atau tidak boleh pada level pemerintahan di bawah, baik desa/kelurahan atau di kampung-kampung, dan lain-lain,” papar Bahtiar.

Untuk langkah lebih lanjut, Kemendagri juga menyetujui adanya rapat secara virtual lintas kementerian terkait dengan Pemda dalam sosialisasi perlombaan yang akan menerapkan protokol kesehatan, di samping bernuansa cinta Tanah Air.

“Perlu keseimbangan aspek rasa cinta Tanah Air perayaannya dan aspek kesehatan menjaga protokol kesehatan. Prinsipnya Kemendagri setuju sebelumnya perlu diadakan rapat virtual dengan Pemda, Kemenparekraf, Setneg, Kemenkominfo, Kasetpres dan K/L terkait,” tuturnya.

Melalui Bahtiar, Kemendagri juga mengapresiasi langkah Kemenparekraf dalam lomba inovasi perayaan HUT Kemerdekaan itu.

“Kemendagri mengapresiasi Kemenparekraf sebagai inovasi perayaan 17 Agustus dalam bentuk video yang penilainya melibatkan kurator yang independen. Intinya Kemendagri mendukung. Ini momentum perayaan 17 Agustus sebagai ajang inovasi gagasan membuat kenormalan baru yang aman Covid-19,” tandasnya. (ril)