[CEK FAKTA] Soal Adidas Bagi-bagi Masker Gratis di Tengah Pandemi Corona, Benarkah ?

Screenshoot pesan terkait Adidas bagi-bagi masker gratis beredar di grup pesan WhatsAPP.

BONEPOS.COM - Beberapa pekan terakhir pengguna WhatsApp dihebohkan dengan beredarnya pesan berantai yang mengklaim Adidas akan membagikan masker gratis.

Pada klaim tersebut terdapat tautan yang mengarahkan penerima pesan untuk memasuki situs http://smaii.ru/adidas/ dengan pesan "Tahukah anda bahwa Adidas memberikan kami masker wajah yang bisa dipakai berulang kali? "

Pada halaman situs tersebut mengarahkan pengguna untuk membagikan tautan link tersebut ke grup atau kontah WhatsApp sebanyak mungkin sebagai syarat untuk mendapatkan masker.

Lantas, benarkah Adidas membagikan masker di tengah pandemi Covid-19 ini ?

Penelusuruan :

Tim Cek Fakta Bonepos.com pun menelusuri kebenaran atas informasi tersebut, Sabtu (18/7/2020), melalui mesin pencari Google Search Engine dengan kata kunci "Masker Adidas"

Alhasil ditemukan artikel berita yang dimuat di media online Liputan6.com dengan judul "Cek Fakta: Hoaks Adidas Membagikan Masker di Tengah Pandemi Covid-19" yang dimuat, 18 Juli 2020.

Dalam artikel tersebut, Brand Communications & Sports Marketing Manager Adidas Indonesia Cinita Mayakatri membatah, jika pihak Adidas mengadakan program pembagikan masker gratis.

"Ini hoaks ya," kata Cinita dilansir Liputan6.com.

Cinita mengungkapkan, sejauh ini, pihak Adidas Indonesia tidak membuat dan memiliki program membagikan masker seperti yang dicantumkan pada klaim dalam link yang dibagikan di WhatsApp itu.

Kesimpulan :

Berdasarkan penjelasan Brand Communications & Sports Marketing Manager Adidas Indonesia, klaim terkait adanya pembagian masker gratis dari Adidas tidak benar adanya atau hoaks.

Sejauh ini, pihak Adidas tidak pernah membuat program terkait adanya pembagian masker gratis sebagaimana berita beredar di grup-grup pesan WhatsAPP.(red/ril)