Personel Satgas TMMD 108 Pupuk Cinta Tanah Air di Warga Desa

BONEPOS.COM, JENEPONTO - Rihat kerja, personel TNI dan warga memanfaatkan momen untuk bercengkrama.

Sambil melepas rasa lelah setelah bekerja, personel Satgas TMMD 108 Jeneponto mengisi waktu dengan ikut nimbrung sambil bercengkrama dengan warga di Desa Bonto Rappo, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, lokasi pelaksanaan TMMD 108.

Obrolan hangat, senda gurau menghangatkan suasana, gelak tawa pun mengiringi obrolan penuh keakraban itu.

Dg Kulle (51), warga setempat bercerita, berbaur dengan personel TNI membuatnya mendapatkan banyak cerita dan pengalaman hidup yang menginspirasi.

"Saya sih lebih banyak jadi pendengar dari obrolan bapak-bapak tentara itu. Tapi saya mendapatkan banyak cerita berharga," tuturnya.

Bergaul dengan personel TNI, kata Dg Kulle, memberinya wawasan baru.

Cerita seputar wilayah-wilayah di Indonesia yang pernah disinggahi personel TNI, membuatnya lebih banyak mengenal Indonesia.

"Merekakan sudah banyak menjelajah, berbagai pulau di Indonesia. Saya jadi tahu banyak seperti apa tempat-tempat yang mereka jelajahi itu," sambungnya.

Cerita itu, lanjutnya, menjadi inspirasi untuk bahan ia bercerita kepada anak cucunya.

"Kalau saya kan cuma tau kampung disini, enggak luas pengalaman. Jadinya denger cerita bapak-bapak TNI, saya bisa cerita ke anak cucu seperti apa kondisi tempat-tempat di Indonesia," tuturnya.

Dansatgas TMMD 108 Kodim1425/Jeneponto Letkol Inf Irfan Amir berujar, kisah-kisah yang dituturkan personelnya sangat baik untuk semakin memupuk rasa cinta Tanah Air. Karena informasi demikian sangat berharga bagi warga yang selama ini lebih banyak mendapatkan informasi dari desas-desus, media sosial atau internet.

Cerita yang disampaikan personel TMMD adalah kesaksian nyata dari pengalaman hidup mereka. Mereka menjelajah Tanah Air dalam berbagai kegiatan, karena banyak mengenal kondisi di Tanah Air.

"Rasa cinta mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pun semakin kuat mengakar," ujarnya. (ril)