Pecah Rekor Covid, Indonsia Ungguli Tiongkok

BONEPOS.COM - JAKARTA - Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia telah mencapai 84.882 pada Sabtu, 18 Juli 2020. Jumlah tersebut berhasil mengungguli China sebagai negara asal wabah virus corona.

Mengutip data worldometers, jumlah kasus positif Covid-19 di China hanya 83.644. Sedangkan di Indonesia kini mencapai 84.882 kasus. Dengan demikian, terdapat selisih 1.238 kasus antara Indonesia dengan China.

Epidemiolog dari Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani mengatakan, tingginya angka konfirmasi positif corona hingga melampaui China itu, seharusnya bisa jadi peringatan untuk pemerintah Indonesia. Utamanya, soal strategi dalam mengendalikan Covid-19.

"Iya harusnya ini warning untuk pemerintah, bagaimana perlu strategi atau upaya pengendalian kasus covid di masa kehidupan new normal," kata Laura saat dihubungi, Minggu (19/7/2020).

Laura juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokoler kesehatan. Sebab, ia melihat masih banyak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Serta tidak sedikit juga masyarakat yang menganggap kalau corona sudah tidak ada.

"Masyarakat harus waspada dan menyadari bahwa covid itu ada dan nyata, sehingga jangan sampai masyarakat tidak berperan aktif dalam upaya pengendalian covid-19 karena memang kuncinya di masyarakat," ucapnya.

"Sehingga dalam menghadapi masa new normal yang bisa dilakukan adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat dan benar sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19," sambungnya. (atk/ril)