Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Banjir Bandang Luwu Utara, Ini Jadwalnya 

Foto: Instagram Jokowi

BONEPOS.COM, LUWU UTARA - Orang nomor satu di Republik Indonesia, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) direncanakan berkunjung ke Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam waktu dekat akan berkunjung ke Sulawesi Selatan dalam rangkain kerja Presiden di Masamba, Luwu Utara untuk meninjau kawasan terdampak banjir bandang.

Rencana kunjungan Presiden RI ke Masamba pada, Rabu (22/7/2020), setelah melaksanakan kunjungan kerja di Manado, Sulawesi utara di hari yang sama Presiden Joko Widodo singgah di bandara internasional Sultan Hasanuddin Makassar, untuk selanjutnya melakukan perjalan ke Masamba melalui udara.

Pesawat yang ditumpangi, Pesawat Kepresiden BBJ-2/A-001, rencana kunjungan ke Masamba Luwu Utara menggunakan 3 helikopter jenis Super Puma VVIP yang disiapkan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, untuk mengantar rombongan Presiden RI, ke lokasi terdampak banjir bandang di Masamba, Luwu utara, Sulawesi selatan.

Untuk perkembangan status data korban sementara, meninggal dunia 38 orang dan masih dalam pencarian bertambah menjadi 6 orang.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat dikonfirmasi rencana kedatangan Presiden Jokowi mengemukakan, sejauh ini sudah ada penyampaian.

Sebelumnya, bencana banjir bandang air disertai lumpur dan pasir terjadi pada Senin, 13 Juli 2020, sekitar pukul 21.00 Wita.

Dampak bencana teridentifikasi di sejumlah kecamatan, yakni Kecamatan Masamba, Sabbang, Sabbang Selatan, Baebunta, Barbunta Selatan, Malangke, dan Malangke Barat.

Data sementara dari BPBD setempat tercatat sebanyak 14.438 jiwa dari total 3.627 kepala keluarga (KK) mengungsi. Sebanyak 4.202 unit rumah warga ikut terdampak, sembilan unit sekolah, 13 unit rumah ibadah, rinciannya 12 masjid, dan satu gereja. (jus/ril)