Konsep P2L Terintegrasi Toko Tani Bone Jadi Atensi Khusus Pemkab Takalar

BONEPOS.COM, BONE - Rombongan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Takalar melaksanakan Studi Banding ke Kabupaten Bone, Jumat (24/7/2020).

Rombongan berjumlah 80 orang tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Takalar Muhammad Hasbi yang diterima Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, bersama jajaran.

Sejumlah lokasi disambangi, seperti Desa Lampoko, hingga Toko Tani Indonesia (TTI) Kabupaten Bone.

Rombongan melihat lebih dekat kondisi Desa Lampoko yang mengelola tanaman sayur-mayur, hingga terdistribusi ke TTI Kabupaten Bone.

Kata Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi, lawatan pihaknya untuk mempelajari berbagai hal pertanian yang dicanangkan di Pemkab Bone.

Salah satunya, realisasi program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). "Program P2L Bone bisa diintegrasikan ke Toko Tani Indonesia. Kami apresiasi apa yang dilakukan Ketahanan Pangan Bone. Modalnya sedikit tapi kemauan Kadis yang begitu keras mendirikan Toko Tani Indonesia," papar Hasbi.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman mengemukakan, program P2L menjadi salah satu yang menjadi atensi khusus.

Hal itu dikarenakan, ada banyak efek positif yang bisa dirasakan masyarakat. Tidak sekadar pemenuhan kebutuhan, juga berdampak kepada perekonomian rumah tangga.

"Masyarakat di Desa Lampoko, sudah menerapkan hal itu. Lahan yang tidur dimanfaatkan menjadi lahan produktif," tutur Asman. (ril)