H-4 Iduladha, Permintaan Hewan Kurban Terjun Bebas

BONEPOS.COM, BONE - Pemerintah telah menetapkan perayaan Hari Raya Iduladha 1441 H jatuh pada 31 Juli 2020, tepatnya pada Jumat nanti.

Tersisa 4 hari lagi, namun permintaan hewan kurban khususnya di Kabupaten Bone terlihat masih sangat sepi.

Hal itu berdasarkan pantauan di pasar hewan  kurban di Terminal Petta Ponggawae, Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Salah seorang penjual hewan kurban, Basri mengatakan, permintaan hewan kurban untuk Lebaran kali ini mengalami penurunan yang sangat drastis dibanding lebaran tahun lalu.

Untuk tahun ini, kata Basri, baru menjual sapi sekitar 800 ekor, sementara untuk tahun lalu dia bisa menjual sapi sebanyak 8 ribu ekor keluar daerah.

"Sangat drastis penurunannya tahun ini dibanding tahun kemarin pak, ini tiga kali lipat turunnya, mungkin ini pengaruh Corona," kata Basri, kepada Boneposcom, Senin (27/7/2020).

Lanjut kata Basri, untuk harga sapi yang dijual harganya bervariasi, mulai harga Rp10,5 juta hingga Rp15 Juta per ekor.

Tahun sebelumnya, Basri berhasil mengirim sapi ke berbagai daerah, seperti Kalimantan, Sidrap, Sinjai dan beberapa daerah lainnya.

Hal senada pula diungkapkan Ahmad, penjual hewan kurban kambing yang ditemui di Jalan Sambaloge Baru, Kelurahan Masumpu.

Ahmad menuturkan, Iduladha tahun ini sangat sedikit pembeli dibanding tahun lalu. Padahal harga kambing tidak mengalami kenaikan.

"Menurun 50 persen dari tahun kemarin, harga per ekor kambing juga tidak mengalami kenaikan tahun ini. Harga kambing mulai, Rp1,5 juta hingga Rp3 juta per ekor," tutur Ahmad.

Ahmad menduga, penurunan pembelian hewan kurban juga dipengaruhi pandemi Covid-19. Diapun berharap agar virus ini segera berakhir dan kembali normal seperti sedia kala. (her/ril)