Terjaring Operasi Patuh Polres Sinjai, Pelanggaran Disanksi Begini

BONEPOS.COM, SINJAI - Hari ke lima pelaksanaan Operasi Patuh 2020, Sat Lantas Polres Sinjai gelar operasi di Jalan Persatuan Raya, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Senin (27/7/2020) sekira pukul 09.30 Wita.

Kasat Lantas Polres Sinjai, AKP Abd. Rahim mengatakan, pelaksanaan Operasi Patuh ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berkendara dan mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini.

"Personel yang melaksanakan tugas di lapangan selama operasi digelar, wajib mengenakan masker sesuai anjuran pemerintah agar terhindar dari penularan Covid-19," tuturnya.

Ada pun jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam Operasi Patuh kali ini, Abd Rahim menyebutkan, pelanggaran melawan arus, pengendara dan penumpang roda dua yang tidak menggunakan helm SNI, melanggar marka atau rambu lalulintas, penggunaan sirine dan rotator yang tidak sesuai ketentuan, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Meski operasi patuh dilaksanakan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) saat sekarang ini, namun tindakan hukum yang di kedepankan ialah persuasif dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam pelaksanaan operasi patuh hari ke lima pada hari ini, terjaring 10 pelanggaran yang dikenakan tilang dan 20 berupa teguran," sebutnya. (fan/ril)