TMMD 108 Jeneponto Ditutup, Begini Kesan Bupati

BONEPOS.COM, JENEPONTO - Kasrem 141/Toddopuli Kolonel Inf Furdiyantoso hadir pada penyerahan Hasil TMMD Ke- 108 Ta.2020 Kodim 1425/Jeneponto dari Dandim 1425/Jeneponto ke Bupati Kabupaten Jeneponto, Rabu (29/7/2020).

Gelaran yang mengusung tema, "TMMD Pengabdian Untuk Negeri" dilangsungkan di Ruang Pola Panrannuangta Kantor Bupati Jeneponto, Jl. Lanto Dg Pasewang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Rabu (29/7/2020).

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya menuturkan, kegiatan Manunggal ini mengandung pula nilai yang sangat strategis dalam memelihara dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal yang ada dalam masyarakat, seperti abbulo sibatang, sikamaseang, sipakatau, sipakslabbiri, dan berbagai kearifan lokal lainya.

Kegiatan Manunggal membangun desa ini, telah memberikan manfaat positif di dalam menjaga kelestarian nilai-nilai luhur budaya tersebut, khususnya budaya gotong-royong sebagai warisan bangsa yang mencerminkan persatuan, persaudaraan, dan kebersamaan sebagai perekat dalam mengikat hubungan batin pada diri setiap warga negara.

Olehnya itu, seluruh hasil dalam pelaksanaan program TMMD ini kiranya dapat dipelihara dengan baik, dan berfungsi secara berkesinambungan, dengan dukungan peran serta masyarakat.

Program ini tentunya semakin mendidik masyarakat untuk memiliki dan memelihara etos kerja, semangat integrity yang disertai oleh semangat persatuan, kebersamaan dan kekeluargaan yang tinggi, dengan latar budaya yang terus terpelihara dengan baik. apalagi kegiatan ini dilaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Kabupaten Jeneponto yang terdiri 11 Kecamatan dan 113 desa/kelurahan mempunyai 3 dimensi klaster geografis, yaitu daerah pesisir, daerah dataran rendah, dan daerah pegunungan.

Sehingga dengan letak geografis tersebut berbagai potensi dan sumber daya alam cukup tersedia, yang selanjutnya menjadi sumber mata pencarian bagi penduduk serta menjadi basis pengembangan wilayah dan pembangunan di daerah ini.

Peran TNI hingga ke lapisan Babinsa, sangat memberikan dampak positif bagi terciptanya dinamisasi dan semangat partisipatif tersebut, baik melalui pembinaan rutin, maupun melalui program membangun desa yang dilakukan secara Manunggal dan terpadu oleh TNI dan rakyat.

Untuk itu, dengan keterpaduan dukungan dan upaya bersama dari seluruh jajaran TNI akan menjamin stabilitas dan pembangunan partisipasi masyarakat agar tetap berjalan dengan baik, kondusif dan berkesinambungan.

Hadir pada kegiatan tersebut Kasrem 141/Toddopuli Kolonel Inf Furdiyantoso, Dandim 1425/Jeneponto, Letkol Inf Irfan Amir, Kajari Jeneponto, Ramadyagus, Wakapolres Jeneponto, Kompol Marikar, Sekda Jeneponto, M Syafruddin Nurdin, Para Pasi Dim 1425/Jeneponto, Para Danramil Jajaran Dim 1425/Jeneponto, Para pimpinan OPD dan tamu undangan. (ril)