Kakanwil Kemenkumham Dorong Narapidana Hafal Alquran

BONEPOS.COM, WAJO - Kakanwil Kemenkumham Sulsel menjadi motivator pada Rutan Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto gelar tatap muka dan penguatan tugas dan fungsi pada Rumah Tahanan Negara kelas IIB Sengkang, yang sebelumnya di Lapas Kelas IIA Watampone dan Bapas kelas II Watampone, Kamis (30/7/2020).

Pada kegiatan kunjungan kerja ini, Kakanwil Kemenkumham Sulsel fokus untuk peningkatan pelayanan publik melalui inovasi untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan diberikan.

Inovasi yang diberikan adalah hal yang bisa mempermudah, mempercepat, dan menghemat biaya dalam pelayanan publik, bukan hanya sekadar menjalankan Tugas dan fungsi (tusi) yang terdapat dalam target kinerja. Akan tetapi pelayanan yang diberikan disertai inovasi sehingga indeks kepuasan masyarakat semakin meningkat.

Narapidana yang bisa membaca Alquran kemudian bebas merupakan hal biasa, tapi Narapidana yang bebas dapat menghafal Alquran, bisa menjadi imam salat bahkan bisa kutbah adalah merupakan hal luar biasa. Dan disitulah harus ada inovasi untuk mewujudkan hal tersebut.

Kakanwil juga berharap tentang peningkatan kebersihan, terutama di ruang pelayanan publik.

Dicontohkan, kebersihan WC di ruang kunjungan harus lebih bersih dibanding dengan WC di ruangan Karutan. Karena standar penilaian masyarakat biasanya di mulai dari kebersihan area pelayanan publik.

Hal itu sejalan dengan program yang digalakkan pemerintah yaitu wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM) yang mengacu dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan peraturan menteri pemberdayaan aparatur negara dan repormasi birokrasi nomor 52 tahun 2014 tentang pembangunan Zona Integritas.

"Kami sangat berterima kasih atas kedatangan Kakanwil pencerahan dan motivasinya dalam hal peningkatan inovasi dalam pelayanan publik," tutur Sahril Efendi kepala Rutan kelas IIB Sengkang. (dms/ril)