BONEPOS.COM, MAKASSAR – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menunaikan Salat Iduladha 1441 H secara berjamaah di Musala Lantai 10 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Makassar, Jumat (31/7/2020).

Salat Id yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat ini diikuti pimpinan UMI mulai dari pejabat Yayasan Wakaf UMI, Rektor dan Wakil Rektor dan Ketua LPkM UMI serta Ketua MT Ukhuwah UMI.

Dari pihak Rektorat, tampak Rektor UMI, Prof Basri Modding, WR I Dr Hanafi Ashad, Prof Salim Basalamah, WR III Prof La ode Husen, dan WR V Prof Hatta Fattah.

Dalam kesempatan itu, Prof Hatta Fattah didaulat menjadi Khatib membahas tema bertajuk “Pembelajaran Idul Kurban dan Revitalisadi Identitas Institusi”.

Prof Hatta menyampaikan, pembelajaran penting dalam Iduladha kali ini tetap terbingkai dalam 3 pilar utama pendirian UMI yakni Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah, dan Akhlaqul Karimah.

“Pembelajaran Iduladha pada kesempatan yang terbatas ini, saya sampaikan dengan merujuk pada tiga pilar pendirian UMI yakni Ilmu, Amaliah, dan Akhlaqul Karimah. Nabi Ibrahjm AS mengjarakn kita untuk terus memurnikan keimanan kepada Allah SWT, termasuk dengan cara mengasah logika untuk meneguhkan tauhid kita. Agama atau nasihat agama itu diperuntukkan bagi mereka yang berakal, maka dari itu, mari gunakan pikiran, hati, dan juga rasa dalam memahami dan menjalankan ajaran agama,” sebut Prof Hatta.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Promosi ini menggambarkan, peritiwa besar Nabi Ibrahim dan Istri Siti Marwah dan anaknya Nabi Ismail yang menjadi penanda munculnya perayaan besar hari raya Kurban menyiratkan sederet pelajaran penting.

“Episode Safa dan Marwah menjadi simbol pembelajaran bahwa kewajiban kita sebagai warga UMI untuk terus menerus berusaha atau melakukan amaliah secara konsisten sebagaimana apa yang dicita-citakan oleh pendiri UMI sebagai proses yang akan menentukan datangnya keberkahan dari Allah SWT,” kuncinya. (ril)