The Gunners Vs The Blues, Arsenal Sabet Piala FA

BONEPOS.COM- LONDON - The Gunners menang atas Chelsea di babak final Piala FA. Arsenal resmi menyandang gelar Piala FA 2020.

Dalam laga yang digelar di Wembley, Sabtu (1/8/2020), Arsenal sempat tertinggal lewat gol cepat Christian Pulisic di menit ke-6. Namun akhirnya mereka yang tersenyum belakangan usai mencetak dua gol lewat Pierre-Emerick Aubameyang di menit ke-28 dan 68.

Dengan hasil ini, maka Arsenal berhak lolos ke Liga Europa musim depan. Kemenangan ini juga menjadi gelar pertama Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta.

Sedangkan bagi Chelsea, kekalahan ini membuat mereka nyaris tanpa gelar di musim ini. Mereka masih bertanding di leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Bayern Munich pada 8 Agustus, namun butuh keajaiban untuk bisa membalikkan keadaan setelah takluk 0-3 di leg pertama.

Jalannya pertandingan

Arsenal mengancam lebih dulu di menit ke-3 lewat Pierre-Emerick Aubameyang, namun sundulannya masih melebar. Chelsea membalas semenit berselang lewat sepakan Mason Mount, namun bisa diselamatkan kiper Arsenal, Emiliano Martinez.

Pada menit ke-6 Chelsea unggul, umpan dari bakcheel Olivier Giroud, di sambut Christian Pulisic menerobos lini belakang Arsenal sebelum melepaskan sepakan yang mengecoh Martinez. 1-0 untuk The Blues.

Arsenal tak tinggal diam. Mereka hampir saja menyamakan kedudukan di menit ke-7, namun tembakan Nicolas Pepe berhasil diamankan Willy Caballero.

Chelsea pun tak lantas mengendurkan serangan. Hampir saja skor berubah menjadi 2-0, andai akselerasi Pulisic yang berujung tembakan keras tak dihalau oleh Martinez di menit ke-11.

Arsenal mendapat hadiah penalti di menit ke-26 usai Aubameyang dilanggar oleh Cesar Azpilicueta. Aubameyang sendiri yang maju sebagai eksekutor, dan ia berhasil menjalankan tugasnya. Skor menjadi imbang 1-1, yang bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Chelsea menekan duluan. Pulisic hampir mencetak gol keduanya di laga ini, namun tembakannya di menit ke-47 tidak menemui sasaran.

Demikian pula dengan Arsenal. Granit Xhaka mendapat peluang di menit ke-58, tapi tembakannya juga masih melebar.

Chelsea masih berupaya menyamakan kedudukan di akhir permainan, pada menit ke-73 Mateo Kovacic diusir wasit setelah menginjak kaki Xhaka.

Dalam keadaan tertinggal dan kalah jumlah pemain, semangat Chelsea belum luntur. Namun mereka gagal menciptakan peluang di sisa waktu. Upaya kian sulit setelah Pedro Rodriguez cedera di masa injury time babak kedua, sehingga Chelsea hanya bermain dengan 9 orang.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor tetap 2-1 untuk Arsenal.

Susunan Pemain

Arsenal: Emiliano Martinez, Rob Holding, David Luiz (Sokratis Papastathopoulos 88'), Kieran Tierney (Sead Kolasinac 90+13'), Hector Bellerin, Granit Xhaka, Dani Ceballos, Ainsley Maitland-Niles, Nicolas Pepe, Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette (Eddie Nketiah 82').

Chelsea: Willy Caballero, Cesar Azpilicueta (Andreas Christensen 35'), Kurt Zouma, Antonio Ruediger (Callum Hudson-Odoi 79'), Marcos Alonso, Jorginho, Mateo Kovacic, Reece James, Christian Pulisic (Pedro Rodriguez 49'), Olivier Giroud (Tammy Abraham 78'), Mason Mount (Ross Barkley 79').