Usai Perawatan di Rumah Sakit Dadi Makassar, Satu Warga Lutra Positif Covid-19 Meninggal

BONEPOS.COM, LUWU UTARA - Kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara kembali bertambah menjadi 60 kasus.

Itu setelah ada penambahan dua kasus positif per 3 Agustus 2020 dengan inisial DI (73), beralamat di Kecamatan Tanalili, dan NU (18) asal kecamatan Malangke Barat. Yang disebut pertama dinyatakan meninggal dunia. Sementara yang satunya dilakukan karantina rumah secara mandiri.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara, Komang Krisna, Senin (3/8/2020), di Masambam

“Satu orang yang positif ini meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Dadi Makassar,” ungkap Komang.

Dengan adanya penambahan kasus, maka kasus positif Covid-19 kini menjadi 60 kasus, dengan rincian 55 sembuh, lima dikarantina/dirawat, dan dua orang meninggal dunia.

“Tindakan yang dilakukan oleh Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan adalah melakukan contact tracing serta pemeriksaan rapid test dan pemeriksaan klinis terhadap dua kasus tersebut. Jika bergejala dan reaktif, maka dilakukan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk uji PCR. Jika kontak erat non reaktif dan tidak bergejala, maka dilakukan karantina rumah mandiri sesuai juknis revisi kelima,” beber Komang.

Untuk itu, lanjut Komang, perlu dilakukan edukasi intensif dalam rangka meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat, termasuk kesadaran individu, agar mereka tetap berperan aktif dan secara bersama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan di semua tatanan.

“Edukasi ini kita harapkan dapat menyentuh semua kelompok masyarakat. Bukan hanya kelompok elit, tapi juga kelompok marginal, karena sehat adalah milik dan hak setiap warga negara yang harus ditunaikan,” pungkasnya. (jus/ril)