Jenderal Polisi Peduli Dokter dan Nakes Dimutasi ke Jakarta, Dokter Koboi Curhat

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Dimana ada pertemuan, disitu juga ada perpisahan. Walaupun tidak mudah melepaskan, inilah perjalanan kehidupan.

Hal ini pula yang dirasakan Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin. Kala mengetahui, sosok Irjen Pol Mas Guntur Laupe, akan pindah tugas.

Saat ini, Irjen Pol Mas Guntur Laupe masih menjabat Kapolda Sulsel, namun tidak lama lagi, jabatan itu dilepaskan.

Irjen Pol Mas Guntur Laupe mendapatkan amanah baru menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri.

Kepindahan Irjen Pol Mas Guntur Laupe, menyisakan kesedihan bagi Wachyudi Muchsin. Bukan tanpa alasan, perangai yang ditunjukkan jenderal bintang dua ini, sejak menakhodai Mapolda Sulsel, 2 September 2019, begitu memberikan pelajaran penting bagi pria yang juga menjabat Kasubag Humas dan Kerjasama UIM.

"Sedih, itu yang sedang saya rasakan sejak semalam dapat info mutasi jabatan Kapolda Sulsel. Sosok jenderal sombere, ramah, lugas, dan tegas karena tugas negara harus dimutasi ke Jakarta tentu Dunia Kedokteran Makassar dan Sulsel mengucapkan terima kasih banyak kepada Irjen Pol Mas Guntur Laupe sejak awal Covid-19 selalu mensupport IDI Makassar," ucap Wachyudi, Selasa (4/8/2020).

"Kami kehilangan sosok Kapolda yang kapan saja bisa dihubungi tanpa sekat, hanya doa di panjatkan semoga jenderal di tempat tugas yang baru selalu dilimpahkan kesehatan dan keberkahan bersama keluarga," sambungnya.

Tercatat dalam sejarah kedokteran di tengah Covid-19, kata Wachyudi, ada sosok jenderal yang sangat peduli sama dokter dan nakes.

"Sosok itu yakni Irjen Pol Mas Guntur Laupe. Setahun bertugas di Sulsel sebagai Kapolda Sulsel berhasil menciptakan keamanan dan kenyamanan warga Makassar dan Sulsel. Pikiran subyektif saya harusnya tetap dipertahankan sampai Pilkada selesai tapi sudah tugas negara harus selalu siap," akunya.

"Orang baik akan selalu dalam lindungan Allah SWT," tutur pria yang beken disapa Dokter Koboi ini.

Selanjutnya, jabatan Kapolda Sulsel akan diisi oleh Irjen Pol Merdisyam yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wachyudi Muchsin berharap, pengganti Irjen Pol Mas Guntur, Kapolda baru bisa melanjutkan kepedulian terhadap dokter dan nakes yang sedang berjuang sebagai garda terakhir melawan Covid-19 dimana Sulsel terbanyak ketiga di Indonesia. (ril)