Wah, Sinjai Kekurangan 700 Guru

BONEPOS.COM, SINJAI - Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, masih kekurangan tenaga pengajar alias guru. Khususnya di tingkat SD dan SMP.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, tidak menampik hal itu.

"Berdasar hasil analisa kami, kita (Sinjai) masih kekurangan tenaga guru yang jumlahnya 700 lebih," beber Jefrianto, Senin (3/8/2020).

Tidak hanya itu, kata Jefrianto, ada juga guru yang sudah sekian tahun hanya titipan dan ada juga yang sudah 10 tahun lebih tidak pernah dilakukan penyegaran.

"Bahkan ada yang sejak terangkat jadi ASN sampai sekarang tidak pernah pindah tugas mengajar," ujarnya.

Hal ini juga sesuai permintaan sendiri dari guru yang bersangkutan, ada yang karena alasan kesehatan, ada yang alasan mendekat ke keluarga, dan hal ini tentunya dilakukan telaahan oleh Bidang Ketenagaan.

Dan ada juga beberapa guru yang tidak cukup jam pelajarannya untuk mendapat sertifikasi, kami melihat ini bisa berakibat pada kinerja guru.

"Ada juga karena sanksi atas pelanggaran atas tindakan yang dilakukan," terangnya.

Andi Jefri menambahkan, Setiap tahun ajaran baru setiap sekolah dalam menyusun KTSP dan pembagian tugas setiap guru pada sekolah.

"Makanya kami mengambil langkah menerbitkan surat perintah terlebih dahulu sambil menunggu SK dari Bupati Sinjai," kuncinya. (fan/ril)