Kasus Positif Covid-19 Bertambah dari Korban Banjir Bandang Luwu Utara 

BONEPOS.COM, LUWU UTARA - Jumlah warga yang terpapar Corona Virus Desease (Covid-19) di Luwu Utara membeludak, Selasa 4 Agustus 2020.

Bagaimana tidak, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara merilis ada 18 orang terkonfirmasi positif.

Juru Bicara Gugus Tugas, Komang Krisna mengatakan, penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 bertambah sangat signifikan sebanyak 18 orang.

"Jadi total kasus saat ini mencapai 80 orang," beber Komang.

Penambahan Kasus tersebut kata Komang, setelah tim gerak cepat melakukan kontak tracing terhadap salah satu kasus yang lebih dahulu terkonfirmasi positif di Luwu Timur.

"Kedatangannya ke Luwu Utara dalam rangka menolong keluarganya/ orang tuanya yang terkena bencana banjir bandang di Kecamatan Baebunta," tutur Komang.

Dengan situasi seperti itu, Ketua gugus mengimbau agar semua pengungsi dan relawan mengikuti protokol kesehatan. Dan bagi petugas kesehatan diperintahkan agar selalu memakai masker dan handshoon di saat melayani masyarkat serta membagikan masker ke pengungsian.

"Untuk mencegah penularan Virus Corona, Kami berharap para relawan dan para pengungsi mengikuti protokol kesehatan tentunya tetap memakai masker, termasuk petugas tetap memakai Handshon," ucap komang Krisna.

Kondisi bencana banjir bandang tersebut lanjutnya, mengalihkan perhatian petugas atau bahkan beberapa petugas sendiri yang telah menjadi korban, sehingga beberapa pekan ke depan potensi peningkatan kasus terlapor akan mengalami trend peningkatan. Hal ini terjadi ketidak disiplinan untuk melaksanakan protokol kesehatan. (jus/ril)