Cara Ampuh AYP Kampanye Ramah Lingkungan, Begini Aksinya

BONEPOS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI Dapil II Sulsel dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Yuliani Paris (AYP) mengampanyekan untuk peduli terhadap lingkungan. Apa aksi nyata yang dilakukan?

Hal itu bisa dilihat pada saat momentum Hari Raya Iduladha 1441 H, beberapa waktu lalu.

Pada momentum Lebaran tersebut, AYP kurban 5 ekor sapi yang dibungkus dengan menggunakan besek. Bukan lagi kantong plastik.

Selama ini, kata AYP masyarakat banyak menggunakan kantong plastik hitam, sebagai wadah daging kurban.

Padahal, plastik umumnya dalam pembuatannya menggunakan bahan kimia, dalam plastik ada residu monomes sedimen yang bisa terlepas pada makanan yang mengandung lemak.

Daging kurban yang disimpan di dalan kantung plastik, kata AYP akan cepat pertumbuhan bakterinya. Sedangkan daging dalam besek pertumbuhan bakteri bisa dihambat karena besek mempunyai celah sehingga ada sirkulasi udara.

Tidak sampai disitu, sampah plastik kini menjadi masalah yang serius dan bisa mengancam kehidupan.

Lanjut AYP, sampah plastik adalah bahan yang paling sulit terurai, belum lagi temuan dimana sampah plastik banyak menggenang di danau, sungai, dan di laut, yang akan mengganggu biota.

"Besek bambu merupakan wadah yang ramah lingkungan yang memiliki prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle), artinya dapat mengurangi sampah dan dapat digunakan kembali serta dapat diolah kembali," paparnya.

AYP berharap pada Iduladha ke depan pemerintah kabupaten/kota melaksanakan inovasi pengemasan daging kurban yang ramah lingkungan.

AYP juga sudah menstock ribuan besek untuk persiapan Iduladha tahun depan. Sekaligus membantu pengrajin besek. (rls)