Tiga Fakultas Wisuda Hari Kedua Unismuh Makassar, Apa Saja?

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pelaksanaan Wisuda ke-70 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dilangsungkan selama empat hari. Berjalan dalam 8 sesi di Balai Sidang Unismuh Makassar.

Sudah memasuki hari kedua, Rabu (5/8/20202).

Selama berlangsung acara wisuda mulai hari pertama hingga hari kedua pelaksanaan wisuda berlangsung dengan tetap mematuhi seluruh ketentuan protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, tidak ada sambutan dan orasi ilmiah.

Pada wisuda di masa Covid-19 ini, tidak dihadiri orang tua wisudawan, namun bisa disaksikan lewat daring.

Ada tiga fakultas yang diwisuda pada hari kedua, yakni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, yang terdiri Prodi Kebidanan (D3), Prodi Pendidikan Dokter, Prodi Profesi Dokter, dengan jumlah yang diwisuda 43 orang.

Sementara Fakultas Agama Islam terdiri, Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Awalusyassyiyah sebanyak 107 orang serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang terdiri Prodi Akuntansi sebanyak 95 orang ini untuk sesi pertama.

Untuk sesi kedua semuanya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri Prodi Perpajakan (D3) sebanyak 3 orang, Prodi Ekonomi Islam sebanyak 23 orang dan Prodi Manajemen sebanyak 210 orang.

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana ke-70 Unismuh Makassar ini dibuka Rektor Unismuh Makassar, Prof Abdul Rahman Rahim, mewakili PP Muhammadiyah Ketua BPH Unismuh Makassar, DR M Syaiful Saleh, Wakil Rektor I, Dr Rakhim Nanda, Wakil Rektor II, Dr Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir, Wakil Rektor IV, Ir Saleh Molla serta tiga dekan.

Rektor Prof Rahman dalam sambutannya mengatakan, prosesi wisuda yang dilaksanakan sangat sakral dalam dunia akademik. Karena prosesi wisuda yang dilaksanakan ini pertanda telah berhasil menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Momen ini kata Rektor, patut disyukuri karena tidak semua yang kuliah bisa mengalami hal ini. Banyak mahasiswa gagal menyelesaikan studinya di kampus karena berbagai faktor, mungkin karena faktor ekonomi dan lainnya.

Olehnya itu, Rektor menyampaikan juga rasa terima kasihnya kepada orang tua wisudawan yang telah mensupport anak-anaknya hingga bisa menyelesaikan studinya dan diwisuda.

Rektor Rahman juga dalam kesempatan ini menyampaikan capaian empat program strategisnya selama 4 tahun memimpin Unismuh Makassar, mulai dari peningkatan kualitas terhadap seluruh produk Unismuh Makassar, peningkatan sarana dan prasarana, pembinaan kemahasiswaan serta pengkajian dan pengamalam Al Islam dan Kemuhammadiyaan.

Semuanya ini kata Rektor mengalami kemajuan yang sangat menggembirakan dan berharap di waktu-waktu mendatang Unismuh Makassar akan semakin maju dan berkembang.

Pada bagian lain, Ketua BPH Unismuh Makassar, Dr M Syaiful Saleh, telah mengingatkan kepada wisudawan dan wisudawati agar tetap menjaga akhlaknya dengan baik dan juga harus tetap berbuat baik kepada kedua orang tua.

“Ini bukan soal kemanusiaan saja tetapi ini juga menjadi masalah agama,” kunci Syaiful.(lla/yya/ril)