Kodam Hasanuddin Terlibat Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Pangdam Tegaskan Begini

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Andi Muhammad, memimpin Apel Gelar Kesiapan Operasi Penegakan Pendisiplinan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

Gelaran tersebut dipusatkan di Lapangan Karebosi, Jl. Jend. Sudirman, Makassar, Jumat (7/8/2020).

Apel gelar pasukan ini melibatkan berbagai unsur, diantaranya TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Polri, Pol PP, dan Dishub Kota Makassar. Nantinya, mereka akan bergerak melakukan pendisiplinan dengan menyasar ruang publik, pasar, mal, pertokoan, pelabuhan, bandara, batas kota, dan daerah lainnya.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam menyampaikan, Apel yang digelar tersebut merupakan upaya terpadu untuk menerapkan dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

Lanjut dikatakan, penyebaran Covid-19 sampai saat ini masih cukup tinggi dan telah menimbulkan korban jiwa serta kerugian material yang berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat tetap produktif di tengah-tengah Pandemi Covid-19. Namun tetap mengutamakan keselamatan dengan menjalankan protokol kesehatan," paparnya.

"Guna mendukung kebiasaan baru tersebut, diperlukan langkah-langkah pendisiplinan protokol kesehatan yang terpadu, terarah dan terukur serta menyeluruh dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan bangsa," tambahnya.

"Salah satu, tugas utama yang akan kalian laksanakan dalam menerapkan operasi pendisiplinan protokol kesehatan, nantinya adalah membagikan masker di seluruh kecamatan/kelurahan dalam lingkup kota Makassar, di pasar-pasar dan di lorong-lorong serta area keramaian lainnya," sambung Mayjen Andi.

Selain itu, personel juga harus mensosialisasikan dan memberi edukasi yang massif kepada masyarakat dengan mengedepankan metode humanis dan persuasif serta memanfaatkan berbagai platform media sebagai cara paling efektif dan efisien untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait arti pentingnya protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.

"Kita semua tentu berharap, semoga masalah pandemi Covid-19 dapat segera diatasi secara cepat sehingga masyarakat dapat menjalankan aktifitas kembali secara normal," kuncinya. (ril)