Operasi Katarak di RSUD Sinjai Hanya 15 Menit

BONEPOS.COM, SINJAI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai terus meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu yang dilakukan RSUD Sinjai adalah dengan melengkapi fasilitas penunjang, seperti alat kesehatan.

RSUD Sinjai kini telah mempunyai alat penunjang medis yang dikenal dengan nama phacoemulsifikasi (PHACO) yang berfungsi sebagai alat modern untuk operasi mata katarak.

Direktur RSUD Sinjai, dr Kahar Anies mengatakan, kelebihan teknologi operasi katarak yang baru disiapkan Manajemen RSUD Sinjai adalah proses atau durasi operasi yang tidak memakan waktu terlalu lama.

"Dengan menggunakan alat baru ini, yang biasanya operasi katarak secara manual memakan waktu 30 hingga 40 menit, kini hanya memakan waktu paling lama 15 menit, artinya prosesnya lebih cepat," ujarnya, Jumat (7/8/2020).

Selain itu, dr Kahar lanjut menjelaskan, teknologi operasi katarak ini juga dapat meminimalisir rasa nyeri yang diakibatkan setelah operasi, termasuk proses penyembuhan yang cepat.

Insisi yang dibuat relatif kecil sekitar 3 mm, dan lensa iol yang ditanam diletakan dalam kapsul lensa sehingga posisinya betul-betul sentral.

"Inilah kelebihan teknologi yang baru kami miliki dan penggunaan alat teknologi baru ini juga didukung oleh dua tenaga dokter spesialis mata," bebernya.

"Pengembangan dan penambahan berbagai fasilitas alat kesehatan ini, tidak lain untuk menunjukkan komitmen kami dalam memberikan layanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat sekaligus mendukung program pemkab sinjai untuk operasi katarak," sambungnya. (fan/ril)