Penaklukan Puncak Battoa, Hingga Aksi Nasionalisme Brimob Yon C Pelopor

BONEPOS.COM, BONE - Setelah menjejaki medan pedesaan dan persawahan di kabupaten Bone, kali ini Tenribetta Cycling Club (TCC) menjejaki puncak gunung Battoa yang berada di Desa Cingkang, Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan bersepeda.

Hal ini merupakan kali pertama puncak gunung Battoa ditaklukkan dengan menggunakan sepeda gunung.

Gowes Kamtibmas yang diinisiasi Danyon C Pelopor Kompol Nur Ichsan, dalam lingkup Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel ini, adalah salah satu upaya Personel Brimob dalam mengisi waktu akhir pekan dengan tetap memantau situasi Kamtibmas di Kabupaten Bone.

Untuk menaklukkan puncak gunung Battoa ini, TCC Yon C Pelopor harus menjajal medan tanjakan dan berbatu serta para peserta Gowes harus memikul sepeda untuk melewati ratusan anak tangga menuju puncak gunung.

Setibanya di puncuk gunung Battoa, rasa lelah seakan terbayar lunas dengan keindahan panorama alam pegunungan.

"TCC Yon C Pelopor mengukir sejarah dengan menjejaki puncak Battoa dengan gowes," ucap salah seorang peserta gowes setibanya di puncak Battoa.

Saat dijumpai, Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, yang memimpin jalannya kegiatan gowes Kamtibmas mengaku, kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi personel bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tak perlu biaya yang besar dan tempat yang khusus. cukup dengan kegiatan gowes Kamtibmas ini dapat berolahraga, berekreasi serta dapat menjaga situasi Kamtibmas dalam satu kegiatan.

Selain menikmati keindahan alam selama dalam perjalanan menuju Puncak Battoa, sesekali TCC Yon C Pelopor juga menyambangi warga sekitar untuk berbincang tentang situasi Kamtibmas di daerah tersebut, dan juga membantu warga mengibarkan bendera Merah Putih serta memasang umbul-umbul dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 Tahun .

"Kami juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan warga sekitar dan mengunjungi rumah Kepala Desa setempat untuk mengetahui situasi Kamtibmas pada wilayah tersebut, dan ini merupakan wujud nyata Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," ucap Ichsan.

Dalam kegiatan gowes Kamtibmas ini, seluruh peserta Gowes juga diharuskan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diantaranya tetap menjaga jarak dan selalu mengenakan masker.

Di lokasi terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis menambahkan, dalam adaptasi kebiasan baru di tengah pandemi Covid-19, dia telah memerintahkan kepada seluruh Komandan Batalyon dan Detasemen untuk merancang sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi Personel dan warga.

“Dengan kegiatan tersebut tentunya kita akan lebih dekat dengan masyarakat sehingga tercipta komunikasi dua arah antara masyarakat dengan Brimob dan pada akhirnya terwujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," kunci Mantan Dansat Brimob Sulbar. (ril)