Mahasiswa KKN Unhas Bantu Warga Bone “Tebalkan Dompet” di Tengah Pandemi

BONEPOS.COM, BONE - Mahasiswa KKN Tematik Unhas Kelompok KKN Bone 6 membantu meningkatkan pendapatan UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan selama sebulan sejak Rabu (8/7/2020) hingga Sabtu (8/8/2020) berlangsung di Kabupaten Bone, tepatnya di Kecamatan Tanete Riattang yang terdiri dari empat kelurahan. Yakni, Kelurahan Biru, Manurunge, Bukaka, dan Masumpu.

Peserta KKN Tematik Unhas, Bone 6 beranggotakan 19 orang yang diketuai Bismar Himawan serta dibimbing langsung oleh dosen pengampuh KKN, Sitti Fakhriyyah.

Ketua Kelompok Bone 6 Bismar Himawan dihubungi Boneposcom, Minggu (9/8/2020) menuturkan, salah satu program kerja yang telah berhasil dilaksanakan Bone 6 yakni membantu promosi pemasaran pelaku usaha produk perikanan sehingga terjadi peningkatan pendapatan pada UMKM tersebut.

"Berdasarkan hasil observasi atau pengamatan langsung kami, terdapat UMKM perikanan yaitu produk bakso ikan yang awalnya produk tersebut belum memiliki nama usaha, kemasan serta belum dikenal luas oleh masyarakat khususnya masyarakat Bone sehingga pendapatannya mengalami penurunan selama pandemi, itu yang kami bantu," tutur Bismar.

Dalam melaksanakan program kerja, Bismar selaku ketua, dibantu anggota kelompok Bone 6 berinisiatif untuk mempromosikan produk tersebut dengan cara membuat media pemasaran, instagram @baksoikan104.

Hal ini dikarenakan instagram dianggap media yang paling cocok untuk promosi produk/jasa.

Selain itu, ada beberapa macam kegiatan lainnya yang juga telah dilaksanakan Bone 6 seperti ikut serta penertiban protokol kesehatan dalam kegiatan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Bone, pembuatan flyer dan video edukasi terkait pencegahan Covid-19. (sug/ril)