BONEPOS.COM, JAKARTA – Satu unit sepeda premium milik Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta bakal dilelang pada aksi donor darah komunitas pesepada, Selasa (11/8/2020), besok.

Lelang akan dimulai usai kegiatan donor darah yang diikuti ratusan pehobi sepeda yang dilaksanakan di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Bukan sembarang sepeda loh. Nah, sepeda premium pabrikan London Inggris ini telah dibubuhi tanda tangan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dan Sandiaga Uno.

Salah seorang staf Ketum PMI DKI, Eko Guruh menjelaskan, keuntungan dari lelang ini akan didonasikan ke PMI. Harga penawaran awal sepeda ini sendiri berkisar Rp45 juta.

“Untuk menambah nilai jual, sepeda milik Ketua PMI DKI tersebut sudah dibubuhi tanda tangan para tokoh. Sepeda akan dilepas ke penawar tertinggi,” bebernya, Senin (10/8/2020).

Rencananya, sebanyak 300 pehobi sepeda akan mendonorkan darahnya pada kegiatan tersebut. Pehobi yang berasal dari sejumlah komunitas sepeda itu merupakan komunitas yang diinisiasi Sandiaga Uno.

Donor darah sendiri akan berlangsung mulai Senin (10/8/2020) hingga 16 Agustus mendatang.

Selain untuk memeriahkan, Eko menuturkan, acara lelang tersebut juga merupakan bagian kampanye atau ajakan agar masyarakat tidak ragu berdonor. Terlebih di masa pandemi, saat persediaan darah berkurang sementara kebutuhannya tetap bahkan bertambah, donor darah sangat diharapkan untuk membantu sesama.

“Kita ketahui bersama ada kekhawatiran masyarakat untuk berdonor karena pandemi, tapi kami pastikan ini aman. Tidak perlu ragu, silahkan datang, atau kami datangi melalui komunitas,” tandasnya. (ril)