Ciri-Ciri Aplikasi Pinjaman Online yang Aman dan Tidak Tipu-Tipu

BONEPOS.COM - Di tengah pandemi Corona yang belum berakhir, banyak orang yang kehilangan pekerjaan hingga uang tabungan pun habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini pun membuat semakin maraknya pinjaman online untuk memberikan kemudahan. Namun, ada juga yang justru memanfaatkan ini sebagai kejahatan dengan menyamar menjadi pinjaman online ilegal. Agar kamu tidak salah memilih, berikut ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang aman dan tidak tipu-tipu.

  1. Bunganya Tidak Mencekik

Sebagian orang kurang teliti dalam melihat bunga yang pinjaman online tawarkan. Akhirnya, bukan mendapatkan kemudahan lewat pinjaman, justru hutang yang melilit akibat bunga yang mencekik.

Oleh karena itu, pastikan pinjaman online yang akan kamu pilih mengenakan bunga yang wajar dan tidak jauh dari kisaran bunga pinjaman di bank. Umumnya bunga pinjaman di bank dari 0,7-2 persen per bulan, jika pinjaman online dengan bunga yang tidak wajar, sebaiknya dihindari.

  1. Terdaftar di OJK

Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan pinjol yang dipilih sudah terdaftar sekaligus berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Caranya dengan mengecek langsung di situs resmi OJK. Secara berkala OJK akan mengumumkan fintech yang legal dan ilegal. Jadi jangan buru-buru percaya dengan pengakuan sepihak lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dana online tanpa cek terlebih dahulu.

  1. Semua Mekanisme Transparan

Apabila lembaga keuangan yang memberikan pinjaman online legal, maka mereka tak akan ragu menjelaskan semua mekanismenya secara jelas dan transparan. Hal ini meliputi mekanisme

peminjaman, batas pelunasan, suku bunga, sampai dengan simulasi cicilan, sehingga benar-benar memberikan pemahaman yang jelas bagi peminjam dan tidak akan ada keluhan di kemudian hari.

  1. Tak Mudah Memberikan Pinjaman

Jika pengajuan pinjaman online terkesan mudah diterima, artinya kamu perlu menaruh curiga. Hal ini karena, pinjaman online yang terpercaya, justru tak akan mudah memberikan dana pinjaman sembarangan. Bahkan, penyedia pinjaman online terbaik justru akan memeriksa kelayakan dari calon debitur dalam menerima dana pinjaman, melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Dengan begitu, tak ada salah satu pihak yang sampai dirugikan.

  1. Keaslian Alamat dan Situsnya Jelas

Walaupun banyak lembaga keuangan yang menawarkan KTA online, tapi setiap perusahaan pinjaman online harus tetap mempunyai alamat kantor yang jelas dan tertera nomor telepon hingga sumber, baik berupa situs dan media sosial yang kredibel. Begitu pula dengan alamat email, jika memang lembaga resmi seharusnya tidak menggunakan layanan email yang gratis.

Apabila ciri-ciri tersebut sulit ditemukan maupun dipastikan kevalidannya, sebaiknya jangan memilih pinjol tersebut, lantaran besar kemungkinan lembaga tersebut ilegal atau tipu-tipu.

Itulah ciri-ciri aplikasi pinjaman online aman dan tidak tipu-tipu. Semua ciri-ciri pinjaman online yang aman tersebut dapat ditemukan lewat aplikasi Tunaiku. Kredibilitas dari aplikasi ini juga sangat baik karena Tunaiku terdaftar di OJK.Tunaiku berada dibawah naungan Bank Amar Indonesia sehingga pinjaman dana online bisa didapatkan, dan tentunya tidak memberatkan bagi nasabah.

Selain Tunaiku terdaftar di OJK, aplikasi ini juga memberikan pinjaman tanpa agunan yang dapat menjawab kebutuhan akan pinjaman cepat, aman dan terpercaya sejak 2014 hingga sekarang. Aplikasi Tunaiku juga menyediakan menu simulasi pinjaman sehingga kamu bisa tahu kisaran bunga dan sebagainya. Jadi, tunggu apalagi ? Segera download aplikasi Tunaiku sekarang juga dan nikmati kemudahan proses pengajuan pinjaman online.