Soal Hubungan PPK dan Panwascam di Pilkada, Ini Catatan Khususnya

BONEPOS.COM, LUWU UTARA - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sabbang Selatan, mengelar rapat koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sabbang Selatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Sekretariat Panwascam di Desa Buangin, Kecamatan Sabbang Selatan, Luwu Utara, Rabu (12/8/2020) siang.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panwascam Sabbang Selatan, Andika, mengapresiasi kunjungan PPK Sabbang Selatan dan PPS dalam rangka mengikuti rapat koordinasi dengan Pengawas Kelurahan Desa (PKD).

"Saya ucapkan terimakasih kedatangan kita semua. Adapun tujuan dari pertemuan ini guna untuk membangun sinergi dan menyamakan persepsi antara kedua lembaga penyelenggara baik di tingkat desa maupun di tingkat kecamatan," kata Andika.

Tak hanya itu, Andika menuturkan, jika panwascam dan PPK-PPS tidak memiliki hubungan yang baik, dikhawatirkan proses kinerja mereka saat pelaksanaan maupun persiapan Pilkada, tidak akan maksimal karena kurangnya koordinasi.

"Itu bagian dari fungsi pengawasan juga. Jadi yang kita harapkan Pilkada Luwu Utara ini sukses dan aman," jelasnya.

Ia menegaskan, jika posisi panwascam sebagai pengawas, harus tegas dalam menindak dan melaporkan setiap dugaan kecurangan yang terjadi, baik itu yang diajukan oknum tertentu ataupun jajaran PPK-PPS sendiri.

"Aturan harus ditegakkan, karena posisi mereka sebagai pengawas,” tegasnya. (jus/ril)