WBP Kasus Korupsi Bakal Nikmati Remisi di Lapas Watampone

BONEPOS.COM, BONE - Sedikitnya ratusan Warga Binaan Lapas (WBP) kelas IIA Watampone diusulkan untuk mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk tahun 2020.

Hal itu dikatakan Humas Lapas Watampone, Ashar saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (13/8/2020).

Ashar mengatakan, untuk Lapas kelas IIA Watampone sebanyak 218 WBP yang diusulkan untuk mendapatkan remisi, dan sisa menunggu SK dari pusat.

"Sampai dengan tadi malam, itu 218 nama yang diusulkan ke pusat, dan kalau seperti biasanya,1 hari sebelum HUT RI namanya sudah keluar, jadi Insya Allah 16 Agustus kita sudah terima SKnya," ujar Ashar.

Lanjut Ashar, semua Warga Binaan Lapas (WBP) itu berhak untuk diusulkan mendapatkan remisi, namun tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

"Semua WBP itu bisa diusulkan mendapat remisi, asal memenuhi persyaratan. Pada umumnya, WBP yang bisa diusulkan itu harus menjalani minimal 6 bulan masa tahanan, berkelakuan baik dalam artian tidak pernah melakukan pelanggaran kemudian mengikuti proses pembinaan," tambahnya.

Sementara untuk WBP dengan kasus korupsi tetap bisa mendapatkan remisi, namun ada persyaratan berbeda, ada tambahan karena korupsi masuk PP 99.

"Kalau korupsi itu ada persyaratan tambahan, misalnya telah membayar denda dan uang pengganti kemudian baru bisa di usulkan," tutupnya. (her/ril)