Bongkar Rahasia, Cara Petani di Bone Bebaskan Lahan Sawah dari Hama Tikus

BONEPOS.COM, BONE - Sultan salah seorang petani di Desa Corowali, Kecamatan Barebbo, berhasil menyelamatkan lahan sawah miliknya dari serangan hama tikus.

Kegiatan yang dilakukannya tersebut berbeda dari para petani lainnya yang terdampak dari hama tikus. Untuk mengamankan produksi padi miliknya pasca tanam, dengan melaksanakan pola tanam pindah.

"Kami dari Kelompok Tani Bottoe 1 di Desa Corawali Alhamdulillah aman dari hama tikus. Saya tetap menggunakan pola tanam pindah dan hasil mutu dan kualitas beras juga jauh beda dengan tanam hambur," beber Sultan yang juga Ketua Kelompok Tani Bottoe 1 itu.

Bahkan menurutnya, kegiatan penanaman sendiri dilakukan dengan menggunakan pupuk organik sederhana hasil produksi sendiri.

Ia menambahkan akibat hama tikus yang merajalela, saat itu pihaknya memilih untuk tidak menanam padi secara terburu-buru.

"Ini fakta yang kami lihat di lapangan, hampir seluruh lahan sawah yang tanam hambur menjadi sasaran serangan hama tikus," kata Sultan.

Akibat serangan hama tikus membuat sejumlah petani di Desa Corowali Kecamatan Barebbo nyaris mengalami gagal panen pada musim panen kali ini.

"Sedikitnya ratusan hektare lahan padi diserang hama tikus dalam beberapa hari terakhir ini yang mengakibatkan petani mengalami kerugian," tutur Sultan. (sug/ril)