Gelar Ulang Janji Pramuka dan Renungan ala Kwarcab Wajo 

BONEPOS.COM, WAJO - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo menggelar kegiatan Ulang Janji Pramuka, di Halaman Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jalan Rusa, Kelurahan Bulu Pabbulu, Kecamatan Tempe, Kamis (13/8/2020).

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Jasman Juanda selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang.

Kegiatan tersebut diikuti Para jajaran Pengurus Kwartir Cabang Wajo, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang, Kapusdiklatcab, Korps Pelatih, Para Andalan Cabang serta Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (DKC).

Selain itu, kegiatan-kegiatan tersebut juga diikuti secara daring (on line) oleh para Majelis Pembimbing, Kwartir Ranting, Andalan Ranting, Pembina Gugus Depan, Dewan Kerja Ranting, peserta didik baik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega melalui Live Streaming Facebook, Instagram dan Official YouTube Kwartir Cabang Wajo.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan ulang janji Pramuka dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pada pelaksanaannya kali ini dilaksanakan penyalaan lilin yang berbentuk logo Hari Pramuka Tahun 2020 yang berbentuk Angka 59 untuk mengingatkan bahwa Gerakan Pramuka telah aktif mendidik, melatih, melaksanakan, serta mengembangkan kegiatan Pendidikan Kepramukaan kepada para peserta didik sejak tahun 1961 (59 tahun yang lalu).

Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Cabang Wajo mengungkapkan, melalui pelaksanaan Kegiatan Ulang Janji dan Renungan Pramuka kali ini menjadi momentum untuk memperkuat dan meneguhkan kembali komitmen sebagai bagian dari Gerakan Pramuka.

Selain itu, sebagai momentum untuk mengingat janji dan komitmen terhadap Tuhan yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta terus memantapkan diri melaksanakan dengan sebaik-baiknya kode kehormatan Gerakan Pramuka yakni Satya dan Darma Pramuka.

“Mari kita bersama-sama mengulang janji kita, Tri Satya, Demi Kehormatanku Aku berjanji akan bersungguh-sungguh: Menjalankan Kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Mengamalkan Pancasila. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.

“Semoga janji senantiasa kita menghayati, melaksanakan serta mengamalkan satya dan darma Pramuka tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari,” beber Jasman Juanda. (Sakti-Scout Journalist/ril)