Makna Hari Pramuka ala Bupati Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa pimpin Apel Besar Gerakan Pramuka dalam rangka peringatan Hari Gerakan Pramuka ke-59 tahun 2020, yang digelar secara protokol kesehatan di halaman Eks Kantor Bupati Sinjai, Jumat (14/8/2020).

Apel besar Gerakan Pramuka tersebut mengusung tema, "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara".

Andi Seto saat membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso. mengatakan, meski gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan anak dan remaja, bukan organisasi sosial, namun gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka berupa Dwi Satya dan Try Satya serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka yang bagian utamanya adalah menekankan agar dapat menolong sesama dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat.

"Itulah sebabnya, sejak wabah Covid-19 melanda negara kita, pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangan," ujarnya.

"Kami berharap ke depan agar kiranya organisasi ini dapat lebih diperhatikan agar gerakan pramuka dapat semakin berkembang dan menjadi bagian penting dalam mewujudkan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang adil dan sejahtera berdasarkan UUD 1945," sambungnya.

Apel Besar Gerakan Pramuka yang digelar Pemerintah Kabupaten Sinjai turut diikuti sejumlah pengurus Majelis Pembimbing Pramuka Cabang Sinjai, pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai, serta para Pandega dan andalan Kwarcab Sinjai dari Sembilan Kecamatan melalui sambungan Vidcon. (fan/ril)