Pelaku Pencurian Kotak Amal Dibekuk Polisi, Ini Orangnya

BONEPOS.COM, BONE - Unit Remob Sat Reskrim Polres Bone yang dipimpin Kanit Resmob Ipda Muh.Riad akhirnya meringkus pelaku pencurian kotak amal di salah satu mini market di Kecamatan Salomekko, beberapa hari lalu.

Terduga pelaku diketahui berinisial HR (28), pemuda warga Jalan Andalas, Kelurahan Manurungnge, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.

Kasat Reskrim Polres Bone AKP Ardy Yusuf saat dikonfirmasi mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari rekaman CCTV yang sempat merekam aksi pelaku pada 11 Agustus lalu.

"Setelah anggota mendapat laporan dari Polsek Salomekko tim langsung melakukan penyelidikan berdasarkan rekaman CCTV mini market saat pelaku melakukan aksinya," beber AKP Ardy, Jumat malam (14/8/2020).

Lanjut kata Ardy, setelah melakukan identifikasi, polisi berhasil mengantongi identitas pelaku sehingga langsung dilakukan pencarian. Alhasil pelaku berhasil ditemukan di Jalan MH.Tamrin Kelurahan Manurungnge, Jumat malam.

"Dari hasil interogasi pelaku, dia mengakui perbuatannya. Dimana motifnya dia (pelaku) datang ke mini market, dan menyampaikan ke karyawan kalau dia diperintahkan mengambil kotak amal tersebut, sehingga karyawan ini mengizinkan," tambahnya.

Selain itu, pelaku juga mengakui kalau isi uang yang ada dalam kotak amal tersebut sebanyak Rp750 ribu, setelah melakukan aksinya pelaku pun membuang kotak amalnya di tengah perjalanan menuju kota Watampone. Sementara uang dari isi kotak amal dikantongi oleh pelaku.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam ternyata pelaku juga pernah ditahan di Polsek Tanete Riattang dengan kasus yang sama yakni pencurian pada awal Januari lalu.

Saat ini HR kembali harus mendekam di sel tahanan Polres Bone untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku akan dijerat pasal 363 tentang kasus pencurian dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun. (her/ril)