HUT RI Ke-75, PDI Perjuangan Gelar Upacara Bendera

BONEPOS.COM - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 75.PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar upacara bendera di Lapangan Banteng, Tugu Pembebasan Irian Barat, Jakarta.

PDI Perjuangan (PDIP) menegaskan akan menggelar upacara dengan menerapkan protokol kesehatan.

"PDI Perjuangan sesuai tradisi yang selama ini dibangun, tetap mengadakan peringatan detik-detik Proklamasi Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 di tengah Pandemi Covid-19," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Minggu (16/8).

Dia menyampaikan alasan pemilihan Lapangan Banteng, karena tempat tersebut memiliki semangat pembebasan Irian Barat dari imperialisme dan kolonialisme dengan berdirinya patung pembebasan.

"Patung pembebasan berupa sosok pemuda kekar yang menjebol mata rantai penjajahan menjadi bukti berakhirnya penjajahan Belanda di Indonesia, dan lengkaplah kesatupaduan wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke," jelasnya.

Sedangkan, Hasto menjelaskan untuk peserta upacara bendera akan dibatasi sebanyak 75 orang dan memenuhi protokol pencegahan Covid-19.

"Jumlah peserta 75 orang adalah angka simbolik peringatan kemerdekaan Indonesia ke 75. Semangat Banteng yang menyatu dengan semangat pembebasan menjadi fokus utama PDI Perjuangan," tuturnya.

Dengan semangat pembebasan tersebut, Hasto mengharapkan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa pemimpin. Termasuk PDIP untuk terus menggelorakan gagasan besar Bung Karno, supaya para pemuda-pemudi Indonesia tergerak nasionalismenya dan tanpa kenal lelah, berjuang untuk kemajuan Indonesia.

"Indonesia Maju dicapai melalui kerja keras, melalui perjuangan, melalui keberanian menempuh jalan berdikari dengan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan mendorong kemajuan di seluruh aspek kehidupan. Dirgahayu Indonesia ke 75. Jayalah Indonesia Raya," tutupnya.