75 Tahun Indonesia Merdeka, Warga Dusun Bonto Panno Baru Rasakan Listrik

BONEPOS.COM, MAROS - Kerja keras PLN untuk mengalirkan listrik ke seluruh pelosok Tanah Air, terus dipacu.

Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, PLN berhasil melistriki Dusun Bonto Panno.

Ya, Dusun Bonto Panno, Desa Limapoccoe, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan menjadi kado kemerdekaan bagi masyarakat setempat. Pasalnya, dusun yang kini menerima aliran listrik PLN setelah 75 tahun Indonesia merdeka.

Untuk melistriki 45 kepala keluarga yang berada di Dusun Lome, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 7,3 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 1,45 kms, serta 2 gardu distribusi dengan total kapasitas 50 kiloVolt Ampere (kVA).

Pembangunan infrastruktur untuk mengalirkan listrik ke Dusun Bonto Panno butuh perjuangan keras.

Hal itu tidak dikarenakan, untuk menjangkau Dusun terpencil tersebut, petugas PLN harus menempuh jalanan berliku dan sempit sehingga membutuhkan jarak 80 km dari Kota Makassar atau sekitar 2 Jam 30 menit untuk mencapai lokasi dituju.

Turut hadir dalam pengoperasian, General Manager PLN UIW Sulselrabar Ismail Deu, Senior Manager SDM dan Umum Mundhakkir, Manager PLN UP2K Sulawesi Selatan Syaifuddin, Manajer UP3 Makassar Utara Yuli Ashaniais serta tokoh masyarakat setempat.

"Alhamdulillah di hari kemerdekaan ini, PLN berhasil melistriki dusun Bonto Panno, yang telah lama terisolir, terpencil. Semoga dengan adanya listrik ini dapat meningkatkan taraf hidup kita semua," beber General Manager PLN UIW Sulselrabar Ismail Deu.

Sementara itu, Dg. Kebo, salah satu warga dusun Bonto Panno menyambut bahagia dengan adanya listrik di tempatnya.

"Terima kasih untuk PLN yang telah mendukung dan memenuhi kebutuhan listrik di Dusun Bonto Panno," ungkapnya

Dg. Kebo menambahkan di usia 75 tahun sejak Indonesia merdeka, Dusun Bonto Panno baru menikmati listrik dan warga patut bersyukur dan berterimakasih kepada PLN yang telah memperjuangkan keinginan masyarakat.

Peresmian ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan HUT RI ke 75, PLN UIW Sulselrabar yang di awali dengan pemberian layanan kesehatan gratis di Kampung Pemulung sebanyak 100 Kartu Keluarga oleh YBM PLN, dilanjutkan pengibaran kain Merah Putih sepanjang 15 x25 meter oleh 17 Tim PDKB, penyalaan serentak 75 pelanggan listrik gratis serta pemeliharaan jaringan 20 KV sebanyak 45 titik dalam sehari. (ril)