Berdayakan Masyarakat Pulau Terluar, Pj Wali Kota Gandeng IOM

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin mengajak International Organization for Migration (IOM) Indonesia untuk ambil bagian dalam pemberdayaan masyarakat pulau terluar di Kota Makassar.

Hal ini tersebut disampaikan saat bertemu Mr Son Ha Dinh selaku Regional Coordinator Program Eastern Region International Organization for Migration (IOM) Indonesia di Balaikota Makassar, Selasa (25/8/2020).

Kata Prof Rudy, pihaknya saat ini tengah memberikan perhatian khusus untuk masyarakat yang tinggal di pulau terluar Makassar, khususnya ketersedian layanan dasar yang dibutuhkan.

“Salah satu fokus kita yakni pemberdayaan masyarakat pulau terluar, Saat ini warga kita di sana masih terkendala soal fasilitas kesehatan, pendidikan, air bersih, dan listrik, termasuk kebutuhan sehari-hari di pulau. Kita akan mendekatkan layanan publik yang selama ini tidak mereka dapatkan, melakukan pemberdayaan masyarakat pulau dengan program pulau wisata,” beber Prof Rudy.

Di pulau Lanjukang, sebut Rudy belum memiliki fasilitas sekolah, sehingga anak-anak pulau terpaksa harus menyeberang ke pulau tetangga untuk bersekolah.

“Kita mengajak IOM untuk ikut dalam program pemberdayaan masyarakat pulau,” jelas Prof Rudy kepada Mr Son Ha Dinh.

Sementara itu, Mr Son Ha Dinh menuturkan, telah berkomitmen untuk membantu Pemerintah Kota Makassar dalam mewujudkan berbagai program khususnya yang terkait dengan kesehatan.

“Makassar merupakan satu-satunya kota yang terpilih di Indonesia untuk mendapatkan dukungan penuh dari IOM khususnya dalam mendukung kota sehat dengan fokus kepada kebijakan, perencanaan dan layanan kota sesuai dengan prinsip kesetaraan kesehatan,” ucap Mr Son Ha Dinh.

Pada kesempatan ini, pihak IOM juga menyampaikan komitmennya untuk ikut ambil bagian dalam membantu kualitas layanan kesehatan di pulau-pulau terluar di Makassar. (ril)