Lewat BRAIN, Yon C Pelopor Cerdaskan Generasi Bangsa hingga ke Pedesaan

BONEPOS.COM, BONE - Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel terus bergerak mencerdaskan kehidupan bangsa hingga ke pedesaan.

Seperti yang dilakukan Batalyon C Pelopor saat menyambangi Desa Panyili, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Jumat (28/8/2020).

Aksi Batalyon C Pelopor ini dalam menggalakkan program Brimob Ramah Anak Indonesia (BRAIN) sekaitan adanya permintaan Babinsa dan Babinkamtibmas untuk penyediaan fasilitas jaringan WiFi.

Hal ini menjadi bentuk perhatian Yon C Pelopor membantu pelajar di tengah pandemi Covid-19 mendukung pembelajaran pada era adaptasi kebiasaan baru.

Kedatangan Yon C Pelopor bersama rombongan, disambut antusias puluhan pelajar yang ingin menikmati layanan yang dihadirkan Yon C Pelopor.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan menjelaskan, tujuan kedatangannya ke desa adalah memberikan layanan WiFi gratis kepada puluhan pelajar untuk mendukung kegiatan belajar online yang dijalani selama masa pandemi Covid-19.

Aksi ini merupakan bentuk kemitraan antara Yon C Pelopor bekerja sama dengan PT. Telkom sebagai penyedia layanan WiFi.

Salah seorang guru di desa tersebut, Amina menyebutkan, di desanya belum tersedia layanan WiFi. Sehingga untuk belajar secara daring (online), siswa masih mengandalkan jaringan seluler dari ponsel orang tua masing-masing.

"Saya sangat mengapresiasi kepedulian Batalyon C Pelopor yang bekerja sama dengan PT. Telkom dalam menyediakan layanan WiFi gratis bagi para siswa di desa ini. Karena memang untuk belajar secara online siswa-siswa di sini masih sangat terbatas dikarenakan faktor ekonomi dan ketersediaan jaringan yang belum memadai. Berkat program ini siswa dapat mengerjakan tugas sekolah mereka tanpa harus menggunakan kuota ponsel dari orang tua mereka," beber Amina.

Dalam kegiatan ini, Batalyon C Pelopor juga dibantu Danramil 1407/21 Palakka Kapten Chb. Eko Ermawanto dan Bhabinkamtibmas Desa Panyili untuk mengatur ketertiban pelaksanaan kegiatan belajar online, agar sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sehingga para pelajar dapat belajar dengan maksimal dan aman dari paparan virus.

Sementara itu, ditemui awak media di lokasi pelaksanaan BRAIN, Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan menegaskan, jika hak pendidikan adalah hak seluruh warga negara Indonesia baik yang berada di kota maupun yang berada di desa atau pelosok desa.

"Melalui program BRAIN ini, Batalyon C Pelopor berupaya menjangkau anak-anak usia sekolah hingga pelosok kabupaten Bone sebagai bentuk dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat. Berdasarkan laporan dari Bhabinsa desa setempat, kami memilih desa Panyili ini untuk dilaksanakan program pemberian WiFi gratis untuk siswa-siswa disini karena memang untuk jangkauan internet masih kurang di desa ini," ungkap Kompol Nur Ichsan.

"Selain itu, kami juga siapkan ponsel dan laptop untuk anak-anak yang tidak mempunyai perangkat belajar online," tambahnya.

Senada hal tersebut disampaikan Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis.

"Untuk Program Brimob Ramah Anak Indonesia atau BRAIN ini, saya telah mengatensi kepada seluruh jajaran Satbrimob Polda Sulsel untuk memprioritaskan pelajar-pelajar yang sangat membutuhkan layanan internet untuk belajar online khusus bagi siswa yang berada di daerah pelosok yang masih minim layanan WiFi gratis. Sehingga kita dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjaga kondusifitas pendidikan selama pandemi Covid 19," kunci Dansat Brimob Polda Sulsel.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Account Manager Datel Bone, Taharuddin. (ril)